26 Feeder Transjakarta Beroperasi, Bus AKAP Tidak Boleh Lagi Beroperasi di Luar Terminal Tipe A

Terminal Kalideres
JAKARTA, JO- Sebanyak 26 bus feeder atau pengumpan Transjakarta di sembilan terminal. Bus ini akan beroperasi 24 jam setiap harinya untuk mengantar jemput penumpang menuju Terminal Tipe A.

Dengan dioperasikannya 26 feeder ini maka tidak ada lagi alasan calon penumpang mengeluhkan armada menuju Terminal Pulogebang. Sebab nantinya bus AKAP tidak boleh lagi beroperasi di luar Terminal Tipe A.

Ada sembilan terminal yang tidak boleh lagi menerima bus AKAP. Yakni Terminal Pulogadung, Rawamangun, Pinang Ranti, Lebak Bulus, Pasar Minggu, Tanjung Priok, Rawa Buaya, Tanah Merdeka dan Grogol.

Menurut Kepala Badan Pengeloa Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan Elly Sinaga, kebijakan ini menyusul akan ditertibkannya Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang masih beroperasi di sembilan Terminal Tipe A, khususnya Terminal Pulogebang.

Terminal Tipe A itu selain Terminal Pulogebang adalah Terminal Kalideres, Kampung Rambutan dan lainnya.

Dikatakan, selama ini banyak warga mengeluh akses menuju Terminal Pulogebang masih terbatas. Ke-26 armada ini untuk menambah jumlah armada yang sebelumnya hanya 30 armada. Seluruh feeder ini akan mulai dioperasikan pada Rabu (1/2) besok.




"Izin operasional feeder kita keluarkan hari ini dan Rabu sudah bisa beroperasi," kata Elly.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko menambahkan, penempatan armada feeder tambahan ini akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Jika penumpang yang akan menuju Terminal Tipe A sedikit maka penambahannya cukup dua atau tiga armada. Namun jika penumpangnya cukup tinggi maka bisa mencapai tujuh atau delapan armada.

"Penambahan feeder di terminal disesuaikan dengan kondisi penumpangnya. Operasionalnya juga disesuaikan dengan karakter keberangkatan Bus AKAP yang beroperasi di Terminal Tipe A," kata Sigit.

Misalnya jika Bus AKAP di Terminal Tipe A ini waktu pemberangkatannya mulai pukul 05.00 maka feeder harus beroperasi dari pukul 03.00 atau 04.00 dinihari. Demikian halnya untuk melayani kedatangan penumpang pada pukul 02.00 atau 01.00 dinihari maka feeder harus sudah standby di Terminal Tipe A.

Ada tiga Terminal Tipe A di DKI yang menyiapkan Bus AKAP. Terminal Terpadu Pulogebang, melayani calon penumpang tujuan Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, NTT, Bali dan daerah sekitarnya. Terminal Kampung Rambutan melayani armada tujuan Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah. Terminal Kalideres melayani calon penumpang tujuan Sumatera. (jo-3)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya




Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.