Plt Gubernur DKI Surati Kemendagri Agar Tetap Bisa Lanjutkan Pembangunan Lima Rusun

Rumah susun (Ilustrasi)
JAKARTA, JO- Pembangunan lima rumah susun (rusun) di DKI Jakarta yang sempat dihentikan diminta untuk tetap bisa dilanjutkan. Saat ini rata-rata pembangunan lima rusun itu di atas 50 persen.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono di Jakarta, Rabu (7/12), mengatakan dirinya akan bersurat kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk tetap bisa melanjutkan pembangunannya sampai 90 hari telah tutup buku oleh kontraktor yang sama dengan jaminan pelaksanaan toh tidak dirugikan.

Menurutnya, kebijakan perpanjangan waktu tersebut diperbolehkan dalam APBN. Sehingga dirinya ingin mengajukan agar bisa diterapkan di Pemprov DKI Jakarta.

"Kami mau bersurat ke Kemendagri, ada aturan APBN itu boleh nambah 90 hari, kenapa APBD tidak diberlakukan sama," kata Sumarsono.

Hal itu dinilai lebih efektif, ketimbang melakukan lelang ulang. "Di Jakarta itu kan banyak proyek besar, semua tidak akan selesai dengan posisi seperti ini kalau disetop," ujarnya.




Kelima pembangunan rusun ini pembangunannya rata-rata di atas 50 persen. Jika dilakukan lelang untuk kelanjutannya maka dinilai tanggung dan rawan dengan masalah. Terlebih jika pemenang lelang bukan kontraktor sebelumnya.

"Ada yang sudah 90 persen tinggal 10 persen saja, itu kan tanggung kalau teruskan tahun berikutnya. Kami minta dispensasi penyelesaian sampai 90 hari telah tutup buku dengan jaminan pelaksanaan toh tidak dirugikan," ucapnya.

Jika permintaan ini tidak dikabulkan, maka tetap akan dilakukan lelang ulang. Dirinya berharap agar permintaannya bisa bisa diakomodir oleh Kemendagri. Sebelumnya pembangunan kelima rusun tersebut akan dilanjutkan tahun depan dengan lelang ulang. Namun cara tersebut dinilai kurang efektif, karena beberapa rusun dalam tahap penyelesaian saja. (jo-3)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya




Diberdayakan oleh Blogger.