Begini Kondisi Aleppo Sebelum Perang dan Saat Ini - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Ads Top

Begini Kondisi Aleppo Sebelum Perang dan Saat Ini

Kota Tua Aleppo, sebelum perang (kiri) dan saat ini (kanan)
JAKARTA, JO- Terlepas siapapun pihak yang benar atau salah, perang hanya membuat luka. Kondisi kota yang tenang, nyaman dengan berbagai utilitasnya tiba-tiba berubah menjadi berantakan dan hanya sisa-sisa. Itulah yang dialami Aleppo, ibu kota kegubernuran Aleppo, Suriah.

Masjid Umayyad

Kota berpenduduk sekitar 2,1 juta jiwa ini sebelum perang dikenal sebagai kota yang spekrakuler sebagai destinasi wisata dengan keindahannya, dan juga peninggalan sejarahnya; namun kini tinggal puing, dan menjadi kota yang paling hancur di Suriah selama perang sipil berlangsung.


Sejak peperangan tahun 2012, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia menyebut korban tewas mencapai 312.000 jiwa, dan puluhan ribu dilaporkan meninggal dunia di Aleppo.

Al Zarab

Sementara menurut PBB, populasi Suriah mencapai 23 juta sebelum perang enam tahun lalu, dan sekitar 6,6 juta orang hidup terlantar akibat pertempuran. Dan sekitar satu juta warga masih terkepung di tengah pertempuran, menurut kepala bantuan PBB, Stephen O’Brien.


Kesepakatan gencatan senjata yang dicapai beberapa hari lalu memberikan kesempatan kepada penduduk untuk mengungsi ke wilayah Provinsi Idlib.


Berikut adalah sejumlah gambar yang bisa menjelaskan kondisi sebelum dan sesudah perang sipil di Aleppo, yang diperoleh dari sejumlah sumber, seperti https://www.theatlantic.com dan http://www.boredpanda.com. (jo-4)





Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya



Diberdayakan oleh Blogger.