Andri Yansyah
JAKARTA, JO- Penerapan sistem jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) di DKI Jakarta akan terealisasi tahun 2017. Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta menilai, penerapan sistem ini bisa mengatasi solusi yang lain seperti peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal itu disampaikan Kadishubtrans DKI Jakarta Andri Yansah saat rapat bersama Komisi B DPRD DKI Jakarta, Senin (7/11).

"Jadi penerapan ERP ini bukan sekadar menyelesaikan kemacetan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan lain lain," kata Andri Yansah.

Dikatakan, sistem ERP merupakan amanat Undang-undang yang nantinya tidak semata-mata diberlakukan di Jakarta, tapi juga sejumlah kota lain di Indonesia.

"Pengalaman di sejumlah negara, penerapan ERP mampu mengatasi kemacetan serta revenue dapat dialihkan untuk peningkatan layanan yang lain. Daerah-daerah lain masih menunggu penerapan sistem ERP di Jakarta," ujarnya.

Ia mengungkapkan, penerapan sistem ERP membutuhkan biaya besar sehingga diputuskan tidak dibiayai menggunakan APBD DKI.

"Semula diisukan tidak ada yang tertarik, ternyata saat ini sudah sebanyak 235 peserta mendaftarkan diri ikut serta dalam lelang ERP. Responsnya cukup besar," ungkapnya

Andri menjelaskan, pihaknya telah memiliki kajian analisa ilmiah sebagai landasan dalam penerapan sistem ERP di Ibukota.




Nantinya, penerapan ERP akan memakai teknologi berbasis dedicated short range communication (DSRC), radio frequency identification (RFID).

"Kenapa kami memilih teknologi DSRC karena sudah digunakan di sejumlah negara, sedangkan RFID baru akan. Kesemuanya ini sudah ada di dalam kajian," sambungnya.

Sementara itu, Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Tubagus Arif meminta penerapan sistem ERP atau jalan berbayar elektronik dapat terealisasi di sejumlah ruas jalan di ibukota di lima wilayah kota.

"Kalau program ini berjalan baik di tahun depan, maka bisa diterapkan pada sejumlah ruas jalan tersebar di lima wilayah kotamadya," ujar Tubagus Arif. (jo-3)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya




Diberdayakan oleh Blogger.