AKBP Budi Hermanto saat menjelaskan penangkapan pembuat dokumen palsu buku pelaut.
JAKARTA, JO - Resmob Polda Metro Jaya menangkap pembuat dokumen palsu buku pelaut, yang merupakan sertifikat bagi para pelaut.

Polisi masih mengembangkan kasus ini. Rencananya, minggu depan, penyidik akan memanggil pihak dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk dimintai keterangan sebagai saksi. Diduga dalam pembuatan buku pelaut ada keterlibatan dari orang dalam Kemenhub.

“Pelaku menjual buku pelaut kepada para pelaut yang belum memiliki izin untuk melaut,” ujar Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Budi Hermanto, di Jakarta, Minggu (13/11).

Panit IV Subdit Resmob Polda Metro Jaya Iptu Verdika Bagus Prasetyo menambahkan pemalsuan buku pelaut ini sudah dilakoni pelaku lebih dari setahun.

"Jadi sertifikat ini semacam SIM bagi para pelaut. Sebelum melaut mereka harus memiliki izin dulu," katanya.




Ada tiga tersangka dalam kasus ini yang diciduk petugas di wilayah Cengkareng, Jakarta Barat. Tak hanya ke oknum Kemenhub, pelaku juga mendistribusikan sendiri sertifikat ini bagi para pelaut.

"Selain membuat, dia juga mendistribusikan sendiri sertifikat ini di wilayah Jakarta Barat," paparnya.

Bermodal printer dan sablon, pelaku mampu membuat desain sertifikat sama persis dengan yang asli. Bahkan pada setiap sertifikat pelaku membuat nomor seri yang berbeda-beda.

"Pelaku melihat duhulu sertifikat yang asli, desainnya seperti apa kemudian dibuat di-corel draw. Ini sangat mirip, hampir tidak bisa kita bedakan karena ada nomor serinya. Tiap sertifikat memiliki nomor seri yang beda, satu sertifikat buku pelaut di jual sekitar Rp 200 ribu," jelasnya.

Diduga dalam pembuatan buku pelaut melibatkan tiga oknum Kemenhub, yang masih dalam pengembangan. (amin)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya




Diberdayakan oleh Blogger.