Ilustrasi
JAKARTA, JO- Sebanyak 100 petugas disebarkan di berbagai titik pelayanan publik di DKI Jakarta. Petugas yang tergabung ke dalam Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) DKI Jakarta ini akan bertugas sebagai intelijen untuk memantau diam-diam pelayanan publik yang ada di ibu kota.

"Tim Saber Pungli ini sifatnya intelejen, tidak akan diumumkan siapa saja nama petugasnya. Akan ada 100 intelejen, kami taruh di semua titik-tikik pelayanan publik," kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono di Silang Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (24/11).

Dikatakan, selama bertugas, petugas Tim Saber Pungli DKI akan melakukan penyamaran. Mereka bisa menyamar menjadi pengguna pelayanan atau apapun sehingga tidak bisa teridentifikasi petugas.

"Tidak perlu diumumkan siapa orangnya, pakaian apa, bisa juga dia penjual rokok, tukang parkir, sebagai pengguna pelayanan," tegasnya.




Soni mengungkapkan, di dalam Tim Saber Pungli tersebut, ada sekitar 20 orang tim inti yang akan terlibat dari Pemprov DKI Jakarta. Mereka akan berkoordinasi dengan sembilan instansi dari Kepolisian, Kejaksanaan, Kementerian Hukum dan HAM, Kemenko Polhukam, Kementrian Dalam Negeri, Ombudsman, PPATK, BIN, serta POM TNI.

"Yang jelas semua Forkopimda terlibat, unsur polisi, pengadilan, kejaksaaan, semua ada," jelasnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang masih menjadi korban pungli agar segera melaporkan kepada Tim Saber Pungli. Sebab, untuk memberantas pungli diperlukan peran serta masyarakat.

"Kalau di Jakarta bisa langsung lapor ke saya melalui SMS. Atau juga melalui aplikasi Qlue. Saya selalu open dengan laporan dari masyarakat," tandasnya. (jo-3)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya




Diberdayakan oleh Blogger.