PTSP Siapkan Sistem Pengajuan KRK dan IMB dari Smarphone, Selesai 3 Jam

Basuki T Purnama dan Edi Junaedi.
JAKARTA,JO-Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) Provinsi DKI Jakarta awal tahun 2017 akan membuat sistem pengajuan Ketetapan Rencana Kota (KRK) dan proses pengajuan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) rumah tinggal secara online bisa dilakukan dari smartphone pemohon dan bisa selesai dengan waktu hanya tiga jam saja.

"Proses pembuatan IMB,kini hanya dalam waktu tiga jam. Pelayanan ini khusus untuk warga yang akan membangun rumah tinggal dengan maksimal luas 200 meter persegi," ujar Edi Junaedi, kepala Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) Jakarta kepada wartawan di Jakarta, kemarin.

Dikatakannya, pelayanan ini dalam menjawab kebutuhan masyarakat terhadap pembuatan IMB yang lebih cepat. Kareba kami masih menerima banyak keluhan lamanya proses pengukuran untuk KRK , sehingga menghambat proses IMB.




Karena itu, BPTSP DKI Jakarta akan menggunakanan smartphone lokasi pemohon yang dapat langsung diketahui oleh PTSP, sehingga KRK dapat dibuat pada saat itu. Hal ini dimungkinkan karena peta operasional BPTSP Provinsi DKI Jakarta sudah terintegrasi dengan aplikasi komputer.

Selain itu juga pemohon dapat melakukan konsultasi arsitek dengan gratis untuk menentukan tipe gambar rumah yang akan dibangun sesuai dengan template atau persyaratan persyaratan dan ketentuan yang berlaku dari PTSP.Setelah pemohon setuju dengan gambar tersebut lalu dibuatkan gambar dengan arsitek PTSP.

"Jadi dalam waktu tiga jam, semua proses dari KRK sampai IMB selesai dan gratis jasa arsiteknya," katanya.

Rencananya tahap awal 2017 layanan IMB Tiga Jam dapat dilakukan di seluruh kecamatan di wilayah DKI Jakarta.Sedangkan untuk tahap awal layanan ini baru dapat dinikwati oleh warga Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan dan Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.

Perlu diketahui juga informasi lebih lanjut warga dapat menghubungi Call Center (021) 1500-164, dan bisa mengakses melalui e-mail pengaduanptspdki@gmail.com. (jo-6)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.