Presiden Filipina Duterte ke China: "Kami Butuh Bantuan Anda" - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Ads Top

Duterte saat tiba di Beijing, China.
JAKARTA, JO- Presiden Filipina Rodrigo Duterte tiba di Beijing, China, pada Rabu (19/10) untuk kunjungan kenegaraan selama empat hari. Kepada China, Duterte mengatakan membutuhkan bantuan dari Negeri Tirai Bambu itu.

Seperti dikutip Xinhua, hari ini, Duterte yang pemerintahannya baru berusia 100 hari itu, ingin menarik negaranya dari aliansi pertahanan lama dengan Amerika Serikat (AS) dan mencari hubungan ekonomi yang lebih dekat dengan China.

Kebijakan luar negeri Filipina di bawah Duterte telah secara dramatis bergeser dari yang dilakukan oleh pendahulunya Benigno Aquino III, yang menarik Beijing ke pengadilan internasional atas klaim yang luas di Laut China Selatan. Langkah ini membuat marah Beijing tapi Duterte, yang menjabat pada bulan Juni sesaat sebelum putusan pengadilan, membuat langkah mengejutkan dengan mendekat ke China.

Pada briefing reguler Rabu, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying mengatakan Beijing gembira kedua pihak bergerak menuju menyelesaikan sengketa teritorial "melalui konsultasi dan dialog."

"Ini adalah bagaimana dua tetangga yang ramah harus memperlakukan satu sama lain," tambahnya.




"Siapa pun yang benar-benar ingin untuk perdamaian, stabilitas, pembangunan dan kemakmuran di Asia Pasifik" harus menyambut kunjungan Duterte ini.

Duterte akan bertemu dengan para pemimpin termasuk Presiden Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Keqiang selama berada di China, dan juga dijadwalkan bertemu anggota komunitas Filipina di Beijing pada Rabu.

Pada malam kedatangannya di Beijing, mantan walikota ini seperti dikutip Xinhua mengatakan: " Hanya Cina dapat membantu kami".

Duterte sendiri telah berulang kali mengecam AS dan Presiden Barack Obama atas kritik pedas mereka terhadap perang yang dilakukan Duterte terhadap penjahat narkoba.

Dia juga telah menghentikan patroli bersama AS-Filipina di Laut Cina Selatan, dan telah mengancam mengakhiri latihan militer bersama. (jo-4)


Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya




Diberdayakan oleh Blogger.