Pengungkapan penjualan satwa langka lewat media
sosial.
JAKARTA, JO - Subdit 3 dan 5 Sumdaling Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menangkap dua penjual satwa langka lewat media sosial Facebook dan satu penjual hewan langka di Pasar Barito, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

ARM dan FS ditangkap di kawasan Tegal Parang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Sedangkan P ditangkap di kawasan Pasar Barito. Tiga pelaku ditangkap atas sangkaan memperjual belikan hewan langka.

"Pelaku diamankan di Tegal Parang yaitu ARM dan FS yang diduga menyimpan, memiliki dan memperniagakan satwa yang dilindungi jenis kukang. Petugas mengamankan (lima) ekor kukang," ujar Kanit 3 Sumdaling Kompol Dedy Anum, di Jakarta, Rabu (5/10).

Kasus ini berawal saat ditemukannya akun Facebook 'Sendy Lah'. Setelah melakukan penelusuran terhadap akun facebook itu ditemukan sebuah postingan foto sekitar delapan ekor kukang Jawa di dalam kandang.

"Di postingan foto itu pelaku menulis kata-kata 'Ready kukang/kuskus karakter jinak kukang aja, elus-elus oke, tahap dilatih gendong, unsex biyar gampang, makan lancar, dijamin sehat no minus. Lok Jaktim n Jaksel only, kepoin, beli banyak harga miring'," ungkapnya.

Hasil penelusuran itu, pada hari Kamis 29 September 2016 sekitar pukul 19.30 WIB petugas berhasil mengamankan dua orang tersangka tersebut di Tegal Parang 1 Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Setelah melakukan pengembangan polisi juga menangkap pembeli kukang dan pemilik akun FB 'Sendy Lah' tersebut, yaitu SP di Jalan Tanah Merdeka X RT 07 106 Kelurahan Rambutan Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.

"Dari TKP kediaman SP petugas kembali mengamankan satu ekor kukang," ujarnya.

Selain itu, Dirkrimsus Polda Metro Jaya juga mengungkap perdagangkan bebas di Pasar Burung Barito, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dari Pasar Burung Barito, petugas menyita satu burung Kakak Tua Putih dan burung Nori Merah Kepala Hitam yang sengaja disembunyikan tersangka P pemilik toko. Petugas melakukan pengembangan dirumahnya dan kembali menyita tiga burung, dua burung Jalak Bali dan Jalak Putih.

“Dia tidak menjajakan satwa langka itu seperti menawarkan ke pembeli, tapi pembelinya yang menanyakan ke dia. Satwa itu, dia (tersangka P) simpan tersembunyi di dalam (kolong) meja. Jika ada pembeli yang datang, pelaku langsung mengeluarkan satwa itu,” kata Kanit 5 Sumdaling Kompol Indra.

Dari penemuan satwa langka itu, petugas akan menitipkan kelima ekor burung langka dan kukang ke Pusat Penyelamatan Satwa Tegal Alur, Jalan Benda Raya Nomor 1, Kalideres, Jakarta Barat. (amin)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya



Diberdayakan oleh Blogger.