Pangkosekhanudnas I Tanamkan Wawasan Kebangsaan Anak Sejak Usia Dini

Lomba mewarnai yang digelar Kosekhanudnas I Jakarta.
JAKARTA, JO-Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional I/Jakarta menanamkan wawasan kebangsaan kepada anak-anak usia dini. Hal ini dinilai penting dalam rangka meningkatkan kualitas manusia Indonesia di masa depan.

Upaya ini antara lain diwujudkan melalui lomba mewarnai dalam rangka memeriahkan Hari Jadi TNI ke-71 di gedung Amarta Kosekhanudnas I, Jakarta, Minggu (2/10).

"Manusia yang berkualitas diperlukan dalam rangka pembangunan bangsa Indonesia di masa depan, terbentuknya manusia yang berkualitas tidak dapat dengan serta merta diwujudkan dalam waktu sekejab, persoalan ini harus dimulai sejak masa kanak-kanak," kata Pangkosekhanudnas I Jakarta Marsma TNI Julexi Tambayong.

Dikatakan, anak merupakan investasi yang sangat penting bagi penyiapan sumber daya manusia (SDM ) di masa depan. Dalam rangka mewujudkan manusia yang berkualitas salah satunya melalui pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan wawasan kebangsaan kepada anak didiknya.

Selain itu wawasan kebangsaan penting diberikan sejak usia dini, pasalnya pembelajaran di usia dini atau usia emas pada anak sangat bermanfaat dalam membentuk karakter anak sebagai generasi penerus lewat berbagai kesempatan termasuk dalam kegiatan lomba mewarnai tuturnya.

Sementara itu Danflightma Kosekhanudnas I Mayor Stefanus W C sebagai Ketua pelaksana acara ini menambahkan, Lomba mewarnai tingkat anak-anak usia 4-7 tahun dengan mengusung tema kedirgantaaraan “Aku ingin menjadi Pilot Tempur”.

Melalui tema ini diharapkan dapat memberikan education bagi generasi masa depan dan mempersiapkan anak yang memiliki kepribadian dan mental yang bersumber pada nilai-nilai kebangsaan. Dikatakan lebih lanjut persaingan antar peserta cukup berat, sehingga dewa juri melihat kelebihan dari masing-masing gambar dari berbagai aspek seperti, harmoni (komposisi warna) 30 persen, motorik (kecermatan/ketelitian) 40 persen dan finishing (kerapihan dan kebersihan) 30 persen.

"Seluruh tim dewan juri harus melihat kelebihan dari masing-masing peserta, lebih tersebut dapat dilihat dengan variatifnya warna yang dibuat hingga korelasi antara warna dengan gambar sehingga benar-benar menghasilkan karya yang indah," ujarnya.

Dengan adanya pendidikan wawasan kebangsaan diharapkan nantinya anak-anak akan tumbuh menjadi generasi-generasi bangsa yang mencintai negeri dan tanah airnya. Sebaliknya jika anak-anak tidak dibekali nilai-nilai wawasan kebangsaan yang kuat, di masa mendatang akan sangat rentan “dijajah” oleh berbagai hal dari luar.

Melalui ajang lomba mewarnai tingkat anak-anak usia 4-7 tahun yang digelar oleh Kosekhanudnas I sebagai tempat menyisipkan pendidikan wawasan kebangsaan, pasalnya pembelajaran yang baik sangat diperlukan pada usia tersebut. Lomb mewarnai yang diikuti sebanyak 120 peserta berjalan lancar dan tertib di saksikan langsung oleh Pangkosekhanudnas I serta di dampingi para asisten maupun Perwira lainya. Selain itu dalam acara ini juga dihadiri oleh Ketua IKKT anak ranting 02 Ny Christiana Julexi Tambayong dan sejumlah pengurus lainya. (jo-17)


Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Diberdayakan oleh Blogger.