Monumen Pelayaran Lingkar Nusantara VI Diresmikan di Kayong Utara

Peresmian Monumen Pelayaran Lingkar Nusantara VI
di Kayong Utara, Kalimantan Barat.
JAKARTA, JO- Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim (Kadispotmar) Brigjen TNI (Mar) I Ketut Suarya bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kayong Utara yang mewakili Bupati Dra Hilaria Yusnani meresmikan Monumen Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) VI, Rabu (12/10) di Pantai Pulau Datok, Sukadana, Kayong Utara, Kalimantan Barat sebagai rangkaian kegiatan Sail Selat Karimata 2016.

Peresmian monumen tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kadispotmar yang juga sebagai Ketua Pimpinan Pramuka Saka Bahari Tingkat Nasional (Kapin Saka Bahari). Monumen tersebut diresmikan sebagai tanda bahwa Pelantara pernah singgah dan berkemah di daerah tersebut.

Peresmian monumen dihadiri oleh Bapak Mafiagu dari Kwarda Kalbar dan Komandan Satgas Pelantara ke-VI (Dansatgas Pelantara VI), Kolonel Laut (P) R Eko Suyatno, serta 200 peserta yang terdiri dari anggota Pramuka Saka Bahari dari berbagai daerah serta Satgas Pelantara TNI Angkatan Laut (TNI AL).

Monumen yang diresmikan di Kayong Utara tersebut merupakan monumen keenam yang diresmikan setelah sebelumnya diresmikan monumen serupa di Pulau Sebatik, Lombok, Gorontalo, Raja Ampat, dan Tomini.




Pada kesempatan tersebut, Kadispotmar menyampaikan pesan-pesan kepada peserta Pelantara bahwa keikutsertaan mereka dalam Pelantara Pramuka Saka Bahari membuat mereka dapat mengunjungi tempat-tempat di daerah di seluruh penjuru Indonesia, sehingga hal tersebut patut disyukuri.

Ditambahkan bahwa ketika mereka bergabung dengan teman-teman lainnya sesama peserta Pelantara dari berbagai daerah lain, pada saat itu sudah tidak ada lagi kedaerahan, hanya ada satu kata: Merah Putih. Sehingga kegiatan ini merupakan ajang pemersatu yang efektif yang harus diambil faedahnya oleh para peserta pelantara.

Sedangkan Sekda Kabupaten Kayong Utara dalam sambutannya berterima kasih kepada Satgas Pelantara VI yang sudah singgah di daerahnya dan akan ikut serta memeriahkan acara puncak Sail Selat Karimata 2016. Dia juga mengharapkan agar suatu saat nanti para peserta dapat kembali ke Kayong Utara bukan hanya sebagai peserta Pelantara, tetapi sudah menjadi orang sukses yang dapat membangun Kayong Utara bersama-sama.

Satgas Pelantara VI, berlayar dengan KRI Surabaya–591 merupakan kegiatan yang diprakarsai oleh TNI Angkatan Laut bersama dengan Pramuka Saka Bahari Tingkat Nasional. Tujuan Penyelenggaraan Pelantara sendiri adalah untuk membentuk karakter generasi muda Saka Bahari serta memberikan pemahaman tentang pentingnya pengamanan pulau terluar bagi keutuhan NKRI, mengenalkan kehidupan masyarakat yang beraneka ragam baik budaya maupun kehidupan sosialnya juga untuk memperkenalkan lingkar luar wilayah perbatasan Indonesia, sehingga kegiatan ini disebut dengan Pelayaran Lingkar Nusantara. (jo-17)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.