DPRD DKI Sahkan APBD-Perubahan, Ahok Optimis Serapan 90 Persen - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Ads Top

DPRD DKI Sahkan APBD-Perubahan, Ahok Optimis Serapan 90 Persen

Basuki T Purnama
JAKARTA, JO- Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) optimis penyerapan APBD tahun ini bisa tinggi. Apalagi banyak proyek pembangunan yang dikerjakan tahun ini. Seperti pembangunan rumah susun (rusun), jalan layang, underpass, dan lainnya.

Hal itu disampaikan Ahok di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (12/10), setelah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta akhirnya mengesahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2016, dalam Rapat Paripurna.

Anggaran yang disahkan senilai Rp 62,9 triliun. Angka itu lebih rendah dibandingkan dengan nilai penetapan APBD 2016 sebelumnya yakni senilai RP 67,1 triliun.

"Optimis dong, karena kan kami banyak proyek pembangunan. Saya kira sih bisa sampai di atas 80 persen atau 90 persen," kata Ahok.

Ahok akan mengejar agar sisa lebih penghitungan anggaran (Silpa), bisa lebih kecil dari tahun lalu. Tercatat Silpa tahun lalu senilai Rp 4,93 triliun. Padahal sebelumnya Silpa diperkirakan mencapai Rp 7,93 triliun.

"Silpa tahun lalu itu sudah sedikit, karena kami tebak Rp 8 triliun. Dulukan Silpa sampai Rp 9-11 triliun. Ini sudah bagus. Tapi tahun ini harus lebih kecil lagi," ujarnya.

Kendati demikian Basuki mengakui ada lelang yang digagalkan untuk pembangunan 45 sekolah. Dirinya ingin memperoleh kontraktor yang baik untuk pembangunan sekolah. Tahun depan, 45 sekolah ini akan menjadi prioritas pembangunan.

"Gagal lelang itu kan dari kontraktornya nggak jelas. Karena kontraktor kecil, begitu kami cek kemampuan sisa keuangan lemah, masa harus diteruskan," tandasnya.

Dikatakan, pembangunan 45 sekolah ini juga bisa menggunakan kompensasi dari kelebihan Koefisien Lantai Bangunan (KLB). Sehingga tidak perlu menggunakan APBD DKI lagi. (jo-3)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya



Diberdayakan oleh Blogger.