Dipimpin Komjen Pol Dwi Priyatno, Satgas Saber Pungli Berwenang Menangkap - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Ads Top

Komjen Pol Dwi Priyatno
JAKARTA, JO- Dibawah Menko Polhukam Wiranto sebagai Pengendali atau Penanggung Jawab, Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar atau 'Satgas Saber Pungli' dipimpin oleh Komjen Pol Dwi Priyatno sebagai ketua pelaksana.

Satgas ini memiliki empat fungsi, yakni intelejen, pencegahan dan sosialisasi, penindakan serta yustisi.Satgas juga memungkinkan Satgas itu untuk melaksanakan tangkap tangan (OTT).

Hal itu termuat dalam Perpres Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar yang ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (21/10) hari ini.

Seperti disampaikan Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wirantor, di Kantor Presiden, Perpres itu membuat tugas Satgas Saber Pungli untuk memberantas praktik pungutan liar secara efektif dan efisien.

Caranya, dengan mengoptimalkan pemanfaatan personel, satuan kerja dan sarana prasarana. Baik yang berada di kementerian/lembaga atau pemerintah daerah.

"Dalam melaksanakan tugas dan fungsi, Satgas Saber Pungli mempunyai wewenang : melakukan operasi tangkap tangan," demikian dikutip dari salinan Perpres itu.




Selain nama Menko Polhukam sebagai Pengendali atau penanggungjawab Satgas, serta Inspektur Pengawasan Umum Polri Komisaris Jenderal Dwi Priyatno sebagai pelaksananya, Satgas ini juga akan diawakiWakil Ketua Pelaksana I dan II yakni Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri Sri Wahyuningsih (pelaksana tugas) dan Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Widyo Pramono.

Adapun, anggota Satgas dari Polri, Kejaksaan Agung, Kemendagri, Kemenkumham, PPATK, Ombudsman, BIN dan POM TNI.

Komjen Pol Drs Dwi Priyatno, SH lahir di Purbalingga, Jawa Tengah, 12 November 1959, merupakan alumnus Akpol tahun 1982. Sebelum menjabat sebagai Irwasum Polri (2014), dia pernah menjabat sebagai Kapolda Jawa Tengah (2013) dan Kapolda Metro Jaya (2014). (jo-2)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya



Diberdayakan oleh Blogger.