Basuki T Purnama
JAKARTA, JO- Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) menjadi saksi di Gedung Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (5/9).

Saat ditanya hakim, Ahok pun menjelaskan soal kabar yang menyebut ada dana Rpa 50 miliar dari bos Agung Sedayu Group, Sugianto Kusuma (Aguan) untuk pembahasan reklamasi Teluk Jakarta.

Menurut Ahok dia tidak pernah mendengar mengenai adanya dana Rp50 miliar itu. "Saya tidak mendengar itu, Pak," kata Ahok yang menjadi saksi untuk M Sanusi, anggota DPRD DKI Jakarta.

Ahok justru mendorong agar informasi adanya duit Rp 50 miliar ini terus didalami. Dia ingin penegak hukum mengusut kasus suap pembahasan dua Raperda ini secara tuntas.

"Termasuk Pak Hakim katanya ada uang Rp 50 m tadi. Saya enggak tahu. Ini perlu ditelusuri lebih dalam," kata Ahok.

Sementara itu, saksi lainnya Sunny Tanuwidjaja mengungkapkan para pengembang tidak berani berhadapan dengan Ahok.

"Karena banyak yang enggak berani dengan beliau," kata Sunny.

Hal itu dijawab Sunny terkiat pertanyaan hakim apakah para pengembang secara jelas bersedia dengan tambahan kontribusi 15 persen. Sunny menjawab persetujuan tidak disampaikan secara gamblang, namun dari sikap yang mereka perlihatkan selama pertemuan antara pengembang dengan gubernur.

"Mereka tidak mengatakan secara eksplisit setuju, tapi persetujuan digambarkan dengan fakta bahwa mereka enggak menolak dan komitmen mereka akan membangun sesuatu," jawab Sunny.

Sunny memberikan contoh seperti Agung Podomoro Land dan Kapuk Naga Indah yang telah melakukan pembangunan, seperti pembuatan tanggul di Pantai Indah Kapuk.

Sunny mengaku cukup intens berkomunikasi dengan para pengembang. Satu waktu, para pengembang ini sempat menyuarakan keberatannya atas tambahan kontribusi 15 persen.

"Mereka sempat mengatakan setuju, tapi agak keberatan, dengan angka 15 persen," kata Sunny.

Hakim Sumpeno pun kemudian bertanya apa maksud Sunny setuju tapi nggak keberatan . "Karena banyak yang enggak berani dengan beliau," begitu Sunny. (jo-3)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Diberdayakan oleh Blogger.