Ads Top

Saluran Air Hilang, Pompa Waduk Bojong Indah Rusak Karena Dipaksa

Saluran sirkulasi air yang diduga ditutup oleh seorang
pengusaha, membuat pompa dipaksa menyedot air.
JAKARTA,JO- Mesin pompa di Waduk Bojong Indah, di komplek Perumahan Bojong Indah, Jalan Belimbing, RW 06, Kelurahan Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat (Jakbar) rusak. Menurut warga kerusakan itu karena memaksakan mesin untuk memompa air dari waduk ke Kali Mookevard.

Salah seorang warga, Udin,60, menuturkan mesin pompa di Waduk Bojong Indah sebenarnya masih tergolong baru, dibangun tahun 2014. Pembangunan rumah pompa air dan kelengkapannya termasuk mesin pompa serta pembangunan saluran PHB Bojong Indah Rawa Buaya Cengkareng tahun anggaran 2014 oleh Suku Dinas Tata Air Jakbar dengan nilai HPS sebesar Rp 11.485.034.000 tertera pada kode unit satuan kerja NO.3.05.01.02.0000.000.

Menurutnya, kondisi mesin pompa air masih tergolong baru dan kondisinya bagus. "Rusaknya mesin akibat dipaksakan hidup lama memompa air dari Waduk Bojong Indah Rawa Buaya ke Kali Mookevard," kata Udin.

Padahal, menurutnya, dulu ada saluran sirkulasi air berdiameter 120 meter persegi yang dibangun bersamaan dengan pompa air di lokasi waduk yang fungsinya menetralisir volume air di waduk namun kini sudah hilang ditutup salah seorang pengusaha alat berat inisial (F) diduga menguasai sebagian lahan aset pemda.

“Dulu waktu masih ada saluran sirkulasi tidak ada masalah.Air mengalir lancar jika intensitas hujan normal melalui saluran dari waduk mengalir ke Kali Mookevard. Sekarang saluran itu sudah tidak ada terlihat sudah ditutup. Karena itu untuk mengurangi debit air di waduk harus dipaksa menggunakan mesin pompa. Itulah yang membuat mesin pompa di Waduk Bojong rusak,” tandasnya.

Saat wartawan mencoba menghubungi Imron, kasudin Tata Air Jakbar melalui telepon selulernya tidak bisa dihubungi. Begitu juga saat coba ditemui di kantornya, yang bersangkutan tidak ada di tempat.

Saluran sebelum ditutup oleh salah seorang pengusaha alat berat inisial F di waduk Bojong Indah. (jo-6)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Diberdayakan oleh Blogger.