Polri Perkuat Polda dan Polres, Ini Dia Nama-nama Perwira yang Naik Pangkat - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Ads Top

Polri Perkuat Polda dan Polres, Ini Dia Nama-nama Perwira yang Naik Pangkat

Pelantikan perwira tinggi di Mabes Polri, Selasa (13/9).
JAKARTA, JO -Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian usai melantik 10 perwira tinggi Polri di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (13/9). Kepolisian Republik Indonesia (Polri) terus memperkuat posisi Kepolisian Daerah (Polda) dan Kepolisian Resor (Polres) demi meningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Polda Kalimantan Barat dan Sulawesi Utara naik menjadi tipe A, ke depan akan ada tiga Polda lagi mendapatkan perlakuan serupa.

"Polda Lampung, Riau dan Kepulauan Riau juga akan dipimpin bintang dua. Setelah itu akan ditambah dua lagi, Polda Sumatera Barat dan Maluku. Kami mempertimbangkan kerawanan dan luas wilayahnya," kata Tito.

Dengan kenaikan tipe tersebut, Polda-polda yang dimaksud dipimpin oleh seorang perwira tinggi berbintang dua yaitu Inspektur Jenderal Polisi dan wakilnya Brigadir Jenderal Polisi, berbintang satu.

Kebijakan Kapolri ini otomatis akan membuat jumlah perwira tinggi berbintang dua di Mabes Polri akan berkurang. "Kami memang ingin mendorong mereka di polda-polda, bukan di Mabes," ucap Tito.

Selain Polda, Kapolri serius untuk memperkuat Polres, di antaranya Polres Bogor dan Polres Sidoarjo. Kedua polres ini dinaikkan tipologinya karena memiliki penduduk yang cukup banyak dan ada objek-objek vital di daerah tersebut.

"Penduduknya bisa tiga juta orang, di Bogor misalnya ada Istana Presiden. Jadi akan dinaikkan, dari yang sekarang dipimpin Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) menjadi Komisaris Besar (Kombes) Polisi," tutur Tito.

Saat ini Indonesia memiliki sekitar 500 Polres dan 5.000 Polsek di seluruh Indonesia. Ke depan, Polri ingin membangun 26 polres tambahan di provinsi-provinsi baru. Namun, tidak semua disetujui oleh pemerintah.

"Baru tujuh Polres disetujui, karena ada penghematan anggaran," ujar Kapolri.

Berikut nama perwira yang naik pangkat :

A. Dari Irjen menjadi Komjen :
- Komjen Pol Arif Wachyunadi, Sekretaris Utama Lemhanas

B. Dari Brigjen ke Irjen :
- Irjen Nandang Jumantara, Widyaiswara Utama Sespim Polri Lemdikpol
- Irjen Suedi Husein Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat BNN
- Irjen Ali Johardi Wirogioto Deputi Bidang Pencegahan BNN

C. Dari Kombes ke Brigjen :
- Brigjen Dede Suryana Widyauswara Madya Sespim Polri Lemdikpol
- Brigjen Jali Wiyono Wakebinkemabianmas STIK Lemdikpol
- Brigjen Joko Mulyono Dirkamneg Baintelkam Polri
- Brigjen Guntur Laupe Karojianbang Lemdikpol Polri
- Brigjen Ari Wahyu Sutikno Kabinda Sulawesi Tengah
- Brigjen Putu Jayan Danu Putra Karoum Setmilpres RI

(amin)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Diberdayakan oleh Blogger.