Ilustrasi
JAKARTA, JO - Setelah kasus tewasnya petugas kebersihan di kolam Bunderan HI beberapa hari lalu, kini petugas Unit Pelaksana Kerja (UPK) Badan Air, Suku Dinas Kebersihan Jakarta Barat, juga ditemukan tegas tenggelam di Kali Sekretaris, Jakarta Barat (Jakbar).

Petugas itu, Usman Maulana, 35, tewas tenggelam di Pintu Air Busway Grogol 2, Sodetan Kali Sekretaris, Jakarta Barat, tercebur saat membersihkan kali pada Jumat (30/9) pagi dan ditemukan setelah pencarian selama 2 jam.

Pemantau UPK Badan Air Dinas Kebersihan Kecamatan Grogol bernama Kosim, kepada wartawan, Jumat (30/9), menjelaskan jasad korban ditemukan sekira pukul 11.15 WIB.

Saat ditemukan, jasad Usman dalam posisi tengkurap lengkap mengenakan baju oranye seragam khas petugas kebersihan, namun tidak menggunakan pelampung yang tidak sesuai standard operating procedure (SOP) saat membersihkan kali.

"Sebaiknya memang harus memakai pelampung. Pelampung sudah siap. Setiap anggota yang turun ke kali harus pakai pelampung," katanya.

Menurut Kosim, penggunaan pelampung penting untuk keselamatan kerja. Apalagi, lanjut Kosim, Kali Sekretaris memiliki kedalaman yang cukup dalam.

"Dia bekerja sendiri di atas rakit. Saya tidak tahu apakah dia punya pelampung atau enggak," kata Slamet,55, rekan kerja sekaligus saksi yang melihat Usman tenggelam.

Usman sudah cukup lama kerja sebagai petugas pembersih kali. Sebelum terpeleset dan jatuh, Usman bekerja sendirian mengggunakan rakit di bawah jembatan dekat pintu air.

"Dia sudah lima tahun kerja sebagai pembersih kali. Dia masih bujangan," kata Irma, 29, sepupu Usman.

Kejadian ini bermula ketika korban sedang bertugas membersihkan kali dengan menggunakan perahu. Tak diduga Usman tercebur ke Kali Sekretaris. Usman sempat berteriak meminta tolong, namun perlahan suaranya menghilang. Lantaran tak muncul kembali setelah kecebur, Usman diduga tak bisa berenang. (jo-6)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.