Suasana saat penyelenggaraan Bintahwil di SMKN 36
Jakarta Utara.
JAKARTA, JO- Dinas Pembinaan Potensi Maritim (Dispotmar) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta mempunyai program kerja untuk menyelenggarakan Pembinaan Ketahanan Wilayah (Bintahwil) kepada para siswa/siswi di seluruh SMK/SMA yang ada di wilayah Jakarta Utara.

Menurut Kadispotmar Lantamal III Letkol Laut (P) Agus Djatmiko, program kerja Dispotmar Lantamal III tersebut diselenggarakan untuk membentuk generasi muda agar memiliki karakter dan wawasan kebangsaan guna mendukung pembinaan ketahanan wilayah pertahanan laut.

Secara kebetulan yang mendapat giliran pertama adalah SMKN 36 Jakarta Utara (Jakut). Sebanyak 302 pelajar kelas XII mengikuti Bintahwil yang diselenggarakan Dispotmar Lantamal III dengan menurunkan 9 orang instruktur bertempat di SMKN 36 Jalan Kosambi III RT 1/RW 13 Kali Baru Cilincing Jakarta Utara, Rabu (28/9).

“Akibat adanya ancaman proxy war, kegiatan Bintahwil kepada peserta didik diharapkan dapat meningkatkan kesadaran serta membentuk generasi muda yang tangguh, disiplin dan berwawasan kebangsaan berdasarkan Pancasila,” kata Letkol Laut (P) Agus Djatmiko.

Adapun materi yang diberikan dalam paparan di kelas antara lain mengenai sejarah kebesaran dan kekuasaan kerajaaan di Indonesia seperti Majapahit dan Sriwijaya; perjalanan dan perjuangan bangsa Indonesia dari tahun 1908 hingga saat ini; kekayaan sumber daya alam bangsa Indonesia di bidang maritim ditinjau dari geopolitik; serta bentuk ancaman proxy war yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini an cara menghadapinya.

Sedangkan materi di lapangan berupa penyegaran PBB (peraturan baris ber baris) untuk memberikan gambaran serta pemahaman tentang pentingnya arti disiplin, kebersamaan dan kekompakan bagi peserta didik. (jo-17)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.