Ribuan Pekerja Asal Filipina, India, Pakistan Terancam Tidak Makan di Saudi

Para pekerja India di Saudi antri makanan yang dibagi oleh
Konjen India di Jeddah.
JAKARTA, JO- Ribuan orang warga asal India, Filipina dan Pakistan kini menganggur di Arab Saudi setelah menurunnya harga minyak yang memaksa perusahaan konstruksi melakukan PHK.

Sejumlah warga Filipina bahkan diberitakan sudah tidak punya makanan, setelah berbulan-bulan tidak digaji, menurut Garry Martinez, ketua kelompok pekerja migran, yang bekerja untuk jutaan pekerja Filipina di luar negeri.

Sementara itu India mengatakan, Senin kemarin, pihaknya tengah melakukan negosiasi dengan otoritas Saudi untuk merepatriasi rbuan warganya pasca kehilangan pekerjaan dan tidak punya uang untuk pulang.

Seperti dilansir AFP, hari ini, Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj mengatakan kepada parlemen di New Delhi dia mengirim seorang menteri junior ke Riyadh setelah laporan bahwa sekitar 10.000 pekerja India telah tidak memiliki apa-apa lagi.

Di Manila, koordinator Migrante Gilbert Saludo - yang kembali dari Arab Saudi bulan lalu setelah dua tahun bekerja di sana - mengatakan sebanyak 20.000 orang Filipina bisa terpengaruh.

Saludo mengatakan bahwa Manila telah memberikan bantuan keuangan kepada mereka sejauh ini, tidak jelas berapa lama ini bisa bertahan.

Departemen Tenaga Kerja Filipina kata Sekretaris Buruh Silvestre Bello telah mengunjungi Arab Saudi bulan lalu untuk mengatasi masalah tetapi belum diketahui hasilnya.

Pakistan mengatakan 8.520 warga di Arab Saudi belum menerima gaji mereka selama beberapa bulan.

Sebuah pernyataan kementerian luar negeri mengatakan bahwa "sebagian besar pekerja ingin meninggalkan perusahaan mereka namun hanya setelah mereka dibayar.

Kedutaan Pakistan telah mendirikan pusat-pusat khusus dan dana untuk memberikan bantuan, makanan, obat-obatan dan tempat tinggal.

"Kedutaan telah lebih jauh diberitahu bahwa Raja Saudi telah mengeluarkan dekrit untuk pembayaran mendesak gaji untuk pekerja," kantor perdana menteri mengatakan.

"Kami berpihak kepada pekerja kami yang jauh dari tanah air mereka untuk mencari nafkah bagi keluarga mereka. Mereka adalah kekuatan dan kebanggaan kami. Kami akan membantu mereka dalam semua cara yang mungkin," kata Perdana Menteri Nawaz Sharif dalam sebuah pernyataan.

Sedangkan Konsulat India di Jeddah telah menyediakan makanan gratis untuk warga negaranya. (jo-4)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Diberdayakan oleh Blogger.