Ads Top

Perang Narkoba di Filipina Tewaskan 1.800 Orang, Presiden Bantah Genosida

Rodrigo Duterte
MANILA, JO- Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan Senin (29/8), bahwa perang terhadap narkoba yang telah menewaskan hampir 1.800 orang tewas bukanlah genosida (pemusnahan massal), dan dia siap dipenjara untuk membela anak buahnya dari tuntutan hukum.

Duterte menarik garis antara genosida dan kebrutalan di bawah presiden lain atau kekejaman bentuk ekstrimis di Timur Tengah dan negara lain.

"Genosida? Siapa yang aku bunuh? Aku tidak membunuh anak-anak. Saya tidak menjatuhkan barrel (bom) seperti Assad, "kata Duterte dalam pidato untuk menandai hari 'pahlawan nasional' Filipina. "Saya memerangi ... penjahat."

Duterte menegaskan tidak idiot seperti kelompok ISIS, "Aku tidak membakar perempuan karena mereka menolak untuk berhubungan seks."

Setidaknya 1.779 tersangka narkoba tewas dalam kampanye Duterte, termasuk 712 yang ditembak mati dalam bentrokan dengan polisi, dengan sisanya dibunuh dalam keadaan masih belum jelas.

Setidaknya 3,7 juta orang Filipina telah menjadi kecanduan metamfetamin, stimulan dilarang dikenal secara lokal sebagai shabu, dengan sekitar 600.000 pengguna narkoba dan dealer menyerah kepada pihak berwenang, kata Duterte.

Kelompok hak asasi manusia telah membuat peringatan atas serangkaian pembunuhan, dan PBB menunjuk ahli hak asasi manusia memperingatkan langkah yang harus diambil untuk menghentikan kekerasan, menambahkan bahwa pemerintah dan hukum penegak bisa bertanggung jawab.

"Klaim untuk melawan perdagangan obat terlarang tidak membebaskan pemerintah dari kewajiban hukum internasional dan tidak melindungi aktor negara atau orang lain dari tanggung jawab untuk pembunuhan ilegal," kata Pelapor Khusus PBB Agnes Callamard dalam sebuah pernyataan bulan ini.

Duterte menggambarkan kampanye melawan narkoba sebagai perang yang keras yang akan melibatkan militer karena masalah telah memburuk ke dalam krisis dan merenggut nyawa penegak hukum. (jo-4)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Diberdayakan oleh Blogger.