Makam Ibu Fatmawati akan Dibersihkan dan Ditaburi Bunga - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Ads Top

Fatmawati dan Soekarno
JAKARTA, JO- Makam Ibu Fatmawati Soekarno di TPU Karet Bivak, Jakarta, akan dibersihkan dan ditaburi bunga. Hal itu dilakukan Universitas Bung Karno (UBK) dan Yayasan Pendidikan Soekarno (YPS) menjelang peringatan Hari Kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia.

Menurut Wakil Rektor IV UBK Teguh Santosa, kegiatan itu akan diselenggarakan hari Senin (15/8), sekitar pukul 10.00 WIB.

"Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyambut HUT ke-71 Republik Indonesia, dan secara khusus untuk mengenang jasa-jasa Ibu Fatmawati sebagai salah seorang pejuang kemerdekaan kita," ujar Teguh dalam siaran persnya, Minggu (14/8).

Fatmawati lahir di Bengkulu pada 5 Februari 1923. Ia adalah anak dari pasangan tokoh Muhammadiyah Bengkulu, Hassan Din, dan Siti Chadijah.

Pada tanggal 1 Juni 1943, Fatmawati menikah dengan Bung Karno yang sedang dalam pembuangan di Bengkulu. Dari perkawinan ini, Fatmawati melahirkan lima anak Bung Karno, yakni Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukawati dan Guruh.

Bendera merah putih yang dikibarkan di halaman kediaman Bung Karno di Jalan Pegangsaan pada tanggal 17 Agustus 1945 dijahit oleh Ibu Fatmawati sekitar setahun sebelumnya.

Sang Saka Merah Putih berukuran 266 x 200 cm itu selalu dikibarkan dalam peringatan Hari Kemerdekaan RI dari tahun 1946 hingga 1968. Pada tahun 1969, karena kondisi yang sudah semakin rapuh, Sang Saka Merah Putih tidak lagi dikibarkan. Sebagai penggantinya adalah bendera duplikat.

Ibu Fatmawati meninggal dunia di Kuala Lumpur, Malaysia, pada tanggal 14 Mei 1980, dalam perjalanan pulang dari ibadah umroh di Mekah.

Namanya diabadikan untuk Rumah Sakit Umum Fatmawati di Jakarta dan Bandara Fatmawati Soekarno di Bengkulu. (jo-2)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Diberdayakan oleh Blogger.