Jusuf Kalla Sebut Media Sosial Kini Pimpin Pemberontakan dan Konflik

Jusuf Kalla
JAKARTA, JO- Wapres Jusuf Kalla ternyata punya kegelisahan tersendiri terkait perkembangan media sosial era internet saat ini. Menurutnya, saat ini banyaknya konflik dan pemberontakan tidak lepas dari peran media sosial seperti Facebook dan Whatsapp.

Hal itu disampaikan Jusuf Kalla saat memberikan kuliah kepada peserta pendidikan Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti) Polri tahun ajaran 2016 di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (29/8).

Menurut Jusuf Kalla, dulu setiap pemberontakan pasti ada pemimpinnya, dan sekarang media sosial dianggap sebagai 'pemimpin' pemberontakan maupun konflik.

"Dulu setiap konflik selalu ada pemimpin, sekarang dunia revolusi tanpa pemimpin lagi. Yang Pimpin Facebook, SMS, WA (WhatsApp), media sosial, itu yang terjadi," kata Jusuf Kalla.

Dikatakan, konflik semakin cepat. Kalau dulu, dari mulut ke mulut butuh waktu seminggu untuk sampai ke seribu orang. Sekarang dua-tiga menit bisa sampai ke seribu orang.

"Artinya kita harus bangun kekuatan IT yang baik. Jangan terlambat. Begitu telat dikalahkan media sosial," sambung Jusuf Kalla.

Dia mencontohkan peristiwa kerusuhan di Lampung beberapa waktu lalu, yang dipicu karena kecelakaan salah seorang pelajar. Namun karena informasi yang beredar lewat media sosial dan pesan berantai, maka memicu amarah publik.

Kejadian semacam ini juga berlangsung di luar negeri. Jusuf Kalla mencontohan, revolusi di negara Arab itu tidak ada pemimpin, tapi dikendalikan Facebook, WA secara berantai.

"Revolusi di Iran dulu masih dengan tape recorder. Dulu masih dengan fax, sekarang makin cepat. Artinya anda semua harus menguasai IT. Karena kalau ada pemimpin pasti ada eselon-eselonnya, wakil-wakilnya, sekarang sudah enggak ada. Langsung saja kumpul, ya kumpul, enggak tahu siapa yang suruh kumpul. Jadi isunya makin cepat terjadi, jadi jengan cepat kalah kecepatan. Memang tidak mudah, tapi itu terjadi," begitu Jusuf Kalla. (jo-2)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Diberdayakan oleh Blogger.