Ilustrasi
JAKARTA, JO - Liburan Lebaran membuat ribuan orang mencari tempat wisata. Di Jakarta, salah satu tujuan wisata yang selalu diserbu pengunjung adalah Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan.

Saking ramainya, banyak orang tua yang ternyata alpa mengawasi anak-anak mereka. Dari catatan petugas di Taman Margasatwa Ragunan dari Rabu-Sabtu (6-9/7), tercatat ada 61 anak yang tersesat.

Untungnya, semua anak yang sempat hilang ini berhasil dipertemukan dengan orang tua mereka masing-masing.

Kepala Humas TMR Wahyudi Bambang di Jakarta, Sabtu (9/7), pada Lebaran Rabu (6/7) ada empat anak lepas dari penjagaan orang tuanya, kemudian Lebaran kedua ada 22 anak, lalu Jumat (8/7) ada 12 anak dan hari ini Sabtu (9/7) ada 23 anak hilang seketika bercampur dengan keramaian pengunjung.

"Beruntung, ke 61 anak bisa dipertemukan kembali dengan keluarganya hari itu juga," kata Wahyudi Bambang.

Mayoritas anak yang hilang itu ditemukan oleh petugas di lapangan. Dikatakan Bambang, anak yang hilang di area TMR berusia kisaran empat sampai 12 tahun. Bahkan, pada Jumat (8/7) ada balita berusia sekitar satu tahun ditemukan tersesat.

"Sebanyak 70 persen anak yang lepas dari pengawasan orang tua itu ditemukan petugas, kemudian dibawa petugas ke pusat informasi. Sisanya, orang tua sendiri yang datang ke pusat informasi. Malah ada anak yang masih satu tahun ditemuin petugas," katanya.

Saat ditemukan, anak yang tersesat itu sedang dikerubungi oleh pengunjung lain dan dalam keadaan sedang menangis.

"Anak-anak di atas lima tahun biasanya nangis, kalau balita dia cuma diam aja, karena nggak tahu apa-apa," ujarnya.

Dikatakan Bambang, menurut pengakuan orang tua, mereka tidak menyadari anaknya lepas dari penjagaan karena sedang melakukan aktivitas lain.

Dia pun meminta ke depan anak-anak harus benar-benar diawasi, jangan terpisah di kondisi keramaian, apalagi musim liburan seperti ini. Karena padatanya pengunjung, lima detik anak bisa hilang. Alasannya karena beli makanan, ke toilet, bahkan bisa saja karena sibuk main telepon genggam. (jo-3)


Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Diberdayakan oleh Blogger.