Presiden menyematkan tanda pangkat di
pundak empat perwira remaja yang meraih
prestasi terbaik.
JAKARTA, JO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik dan mengambil sumpah 720 perwira Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Para perwira yang dilantik terdiri atas 420 perwira TNI dan 300 perwira Polri.

Pelantikan ke-420 perwira Akademi TNI berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 50 TNI Tahun 2016. Sementara itu, 300 perwira lainnya yang berasal dari Akademi Kepolisian dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 51 Polri Tahun 2016.

Presiden berpesan kepada jajaran TNI dan Polri agar terus memperkuat soliditas, sehingga dapat bersinergi dengan baik. Kepala negara mengatakan soliditas TNI-Polri menjadi wahana yang baik untuk bersinergi, bergotong royong, dan menghilangkan ego sektoral demi terwujudnya negara Indonesia yang aman dan berdaulat.

‎"TNI dan Polri adalah alat negara yang berada di barisan terdepan dalam menjaga pertahanan dan keamanan NKRI. Oleh sebab itu, TNI dan Polri harus bersinergi, harus berkoordinasi, harus bersatu bergotong royong untuk kepentingan bangsa, negara, dan rakyat Indonesia," kata Presiden Jokowi saat memimpin upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri tahun 2016 di Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (26/7).

Pada kesempatan itu, Presiden menyematkan tanda pangkat di pundak empat perwira remaja yang meraih prestasi terbaik dan penghargaan Adhi Makayasa‎ dari Akademi Militer, Akademi Angkatan Laut, Akademi Angkatan Udara, maupun Akademi Kepolisian.

Keempat perwira remaja peraih Adhi Makayasa adalah Sermatutar Tri Ageng Widhi Nugroho (Akmil), Sermatutar Anka Samudera (AAL), Sermatutar Juliar Dwidya Firmansyah (AAU), dan Brigtutar Nahal Rizaq (Akpol).

Presiden Jokowi memberikan ucapan selamat kepada para perwira dari TNI-Polri yang baru dilantik. Dia mengingatkan bahwa perjalanan para perwira sebagai abdi negara dan masyarakat baru saja dimulai.

"Ingat bahwa perjalanan kalian baru saja dimulai. Perjalanan menjadi perwira yang setia dan mengabdi kepada bangsa, negara, dan rakyat Indonesia," ujar Jokowi.

Sebagai abdi negara, TNI-Polri harus siap menghadapi tantangan di masa datang. Sebab, reformasi di tubuh TNI dan Polri adalah kunci menghadapi masa depan dalam menghadapi tantangan kedaulatan dan keamanan negara. (amin)



Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Diberdayakan oleh Blogger.