Presiden: Kejar, Tangkap dan Ungkap Jaringan Pelaku Teror di Mapolres Solo

Kondisi setelah terjadi ledakan yang menewaskan
pelaku teror di Mapolres Surakarta, Selasa (5/7) pagi.
JAKARTA, JO- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti untuk mengejar, menangkap dan mengungkap jaringan teror yang terjadi di depan Mapolres Surakarta, pada Selasa (5/7) pagi.

"Saya sudah perintahkan Kapolri untuk mengejar jaringannya, menangkap jaringannya, dan untuk mengungkap yang berkaitan dengan bom bunuh diri di Mapolresta Solo," kata Presiden Jokowi saat memberikan keterangan di Padang, Sumatera Barat, Selasa.

Jokowi memastikan, saat ini aparat keamanan telah mengendalikan situasi yang ada, guna memastikan kondisi tetap aman. Ia meminta, masyarakat tetap tenang, namun juga waspada.

"Kami berharap masyarakat tetap tenang menjalankan ibadah puasa terakhir hari ini, dan tidak perlu khawatir," ujarnya.

Sebuah bom bunuh diri meledak di depan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT). Pelaku bom bunuh diri tewas, sementara seorang anggota polisi mengalami luka ringan.

Menurut Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono, jenis ledakan yang terjadi tergolong ke dalam low explosive.

Condro Kirono menjelaskan, petugas kepolisian sempat mencurigai pengendara sepeda motor yang sempat berhenti di depan Mapolresta Solo.

Setelah dihampiri petugas, pengendara sepeda motor itu memutar balik dan sempat dikejar petugas polisi.

"Dia kemudian meledakkan diri di depan penjagaan," kata Condro.

Hingga saat ini, satu orang tewas diduga sebagai pelaku yang meledakkan diri. Sementara itu, satu petugas kepolisian luka ringan dan sudah dibawa ke rumah sakit.

Menurut Condro, pihaknya sebelum ini telah mendapatkan peringatan atas kemungkinan terjadinya aksi teror. Sehingga, pihaknya meningkatkan kewaspadaan jelang perayaan hari raya Idul Fitri.

"Iya. Kami sudah diinstruksikan Kapolri, dengan penangkapan di Jatim sebelumnya dengan peningkatan pengamanan di markas dan objek," kata Kapolda saat diwawancarai Kompas TV. (jo-2)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.