Pengamanan Perairan Perbatasan Indonesia-Filiina Diatur Berdasarkan Perjanjian 1975

Pertemuan membahas pengamanan perairan laut
di perbatasan Indonesia. 
JAKARTA, JO- Delegasi TNI yang dipimpin oleh Asisten Operasi Panglima TNI dan Delegasi Filipina yang dipimpin oleh Asisten Operasi Angkatan Bersenjata Filipina, bertemu di Hotel Parklane Jakarta, pada tanggal 12-14 Juli 2016,

Pertemuan delegasi kedua negara ini dalam rangka menindaklanjuti pertemuan antara Menteri Pertahanan Indonesia dan Filipina sebelumnya pada tanggal 27 Juni 2016, guna mencegah terjadinya kembali insiden perompakan bersenjata di laut dan penculikan di wilayah maritim yang menjadi perhatian kedua negara.

Sebagaimana telah disepakati oleh kedua Menteri Pertahanan bahwa kerja sama bilateral untuk mengamankan perairan di perbatasan kedua Negara telah dapat diatur berdasarkan RP-RI Border Patrol Agreement tahun 1975. Agreement tersebut diimplementasikan melalui forum Komite Perbatasan RI-RPBC yang mana TNI diketuai oleh Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur dan Angkatan Bersenjata Filipina diketuai oleh Commander of Eastern Mindanao Command.

Pada prinsipnya dalam pertemuan di Hotel Park Lane Jakarta tersebut, kedua delegasi sepakat bahwa mereka akan segera melaksanakan tindakan proaktif dan preventif di wilayah perairan yang menjadi perhatian bersama yang sejalan dengan RP-RI Border Patrol Agreement tahun 1975 dan relevan dengan Konvensi Maritim Internasional, yang akan memastikan keamanan dan keselamatan dari para pelaut dan kapal dagang di wilayah atautempat terjadinya perompakan bersenjata dan penculikan.

Beberapa tindakan yangdisepakati adalah akan mengikutsertakan Western Mindanao Command Angkatan Bersenjata Filipina dan Komandan Lantamal XIII/Tarakan ke dalam kegiatan Komite perbatasan RI-RPBC; melaksanaan patroli maritim dan/atau passing exercise bersama antara kapal perang dari kedua Angkatan Laut; mengembangkan protokol untuk melalui koridor yang diamankan; dan membahas mengenai penugasan personel keamanan bersenjata di atas kapal niaga masing-masing negara.

Pertemuan ini adalah bagian dari pembicaraan berkelanjutan antara kedua Angkatan Bersenjata untuk membahas cara dan upaya meningkatkan keamanan maritim di wilayah perbatasan yang menjadi perhatian bersama. (jo-17)


Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Diberdayakan oleh Blogger.