Para tersangka pengoplos elpiji.
JAKARTA,JO - Aparat Sumber Daya Lingkungan (Sumdaling) Ditreskrimsus Polda Metro Jaya membongkar praktik pengoplosan gas elpiji di tiga lokasi. Pelaku memindahkan isi gas dari tabung 3 Kg (subsidi) ke tabung gas nonsubsidi ukuran 12 Kg.

"Ada empat orang tersangka yang diamankan di tiga lokasi berbeda dalam kasus ini. Tiga orang selaku pemilik usaha dan satu orang karyawan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Awi Setiyono di Polda Metro Jaya, Jakarta, kemarin.

Keempat tersangka terdiri dari tiga orang pemilik usaha yakni H, BS dan JJH serta satu orang karyawan berinisial S yang bertugas memindahkan isi tabung ukuran 3 Kg ke tabung gas kosong berukuran Rp 12 Kg.

Para pelaku diamankan di Kelurahan Jati, Jatiasih, Kota Bekasi, Jalan Amalia No 68 TY 11/06 Penggilingan Cakung, Jakarta Timur dan Jalan Baru Luk RT 005/007 Kelurahan Baktijaya, Setu, Kota Tangerang Selatan.

"Adapun isi dari tabung 12 Kg ini juga tidak diisi sampai penuh, takarannya dikurangi juga," ujar Kabid Humas.

Sementara itu Kasubdit Sumdaling Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Sutarmo mengungkapkan, pelaku memindahkan isi tabung gas 3 Kg ke tabung kosong ukuran 12 Kg secara manual.

"Caranya ini tabung elpiji ukuran 3 Kg yang isi diletakkan di atas tabung kosong ukuran 12 Kg," jelas AKBP Sutarmo.

Pelaku memasang selang regulator di antara kedua tabung yang kosong dengan yang isi untuk memindahkan isi gas tersebut.

"Kemudian diletakkan es batu untuk menurunkan tekanan tabung agar mempercepat proses pemindahan isi elpiji," paparnya.

Pelaku dijerat dengan Pasal 62 ayat (1) jo Pasal 8 ayat (1) huruf a,b,c, Pasal 9 ayat (1) huruf d dan Pasal 10 huruf a UU No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Pasal 32 ayat (2) jo Pasal 30 dan Pasal 31 UU No 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal. (amin)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.