Diskusi Panel pada Rakornas Pemberantasan Illegal
Fishing.
JAKARTA, JO- Kepala Bakamla RI Laksamana Madya TNI Ari Sudewo menegaskan kehadiran Bakamla RI bukan untuk menyaingi instansi-instansi lain yang sudah ada, tetapi justru untuk mensinergikan semuanya.

Hal itu disampaikan Laksamana Madya TNI Ari Sudewo, SE, MH dalam diskusi panel pada acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemberantasan Penangkapan Ikan Secara Ilegal (Illegal Fishing) yang digelar di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (29/6).

Dikatakan, dalam mengamankan wilayah perairan Indonesia yang sangat luas ini tidak mungkin dilakukan sendirian, jadi perlu sinergitas antar seluruh Instansi terkait di bidang pengamanan laut, agar benar-benar bisa saling bersinergi, saling mengingatkan.

"Dengan saling bersinergi, saya sekarang gengsi untuk berbuat salah," paparnya yang disambut dengan tepuk tangan para undangan.

Dengan wilayah geografis perairan Indonesia yang cukup strategis dan memiliki luas perairan 3.257.483 km2, 13.466 pulau dan garis pantai sepanjang 95.181 km, sudah tentu memiliki potensi kelautan yang cukup besar untuk dikelola dan diamankan.

Kabakamla RI juga menyampaikan dalam paparannya mengenai program pilar poros maritim dunia yang terus dilaksanakan oleh Bakamla RI antara lain pilar pembangunan budaya maritim dan pilar penjagaan dan pengelolaan sumber daya laut secara optimal untuk kepentingan rakyat.

“Dalam pembangunan budaya maritim, salah satu contohnya Bakamla RI telah mengikuti giat Sail (flet review) dan Forum Group Discussion (FGD) Kamla dengan masyarakat dan instansi terkait. Dalam penjagaan dan pengelolaan sumber daya laut, Bakamla RI secara teratur melaksanakan patroli terkoordinasi dengan stakeholder dan mengimplementasikanMoU Common Guidelines untuk melindungi nelayan Indonesia dalam mencari ikan di wilayah batas maritim yang belum terselesaikan,” ujarnya.

Selain itu, dalam pilar ketiga yaitu kerja sama maritim melalui diplomasi, dijelaskan oleh Ka Bakamla RI bahwa Bakamla RI telah melakukan kerja sama dengan negara-negara kawasan, seperti HACGAM (Head of ASEAN Coast Guard Meeting), ARF (ASEAN Regional Forum), ADMM – PLUS (ASEAN Defence Minister Meeting), AMF (ASEAN Maritime Forum) dan MSDE (Maritime Security Desktop Exercise).

Dalam konteks pilar keempat yaitu pembangunan kekuatan pertahanan maritim, disampaikan bahwa Bakamla telah membangun 6 buah kapal patroli dengan ukuran 48 meter dan 16 Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) guna mendeteksi di jalur-jalur pelayaran strategis dalam kaitannya mendukung pembangunan kekuatan pertahanan maritim.

Pada paparan tersebut, tidak lupa disampaikan peran Bakamla RI dalam penegakan hukum di bidang perikanan yang meliputi 4 poin, antara lain menjadikan illegal fishing sebagai salah satu target operasi dalam Operasi Bersama Bakamla, pertukaran informasi (Pusat Informasi Maritim Bakamla-Satgas 115), menyiapkan Kapal Patroli dan Sistem Deteksi Bakamla dan BKO Personel ke Satgas 115.

Turut hadir pada acara tersebut, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti yang sekaligus sebagai Dan Satgas 115, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, SE, MAP; Kapolri yang diwakili Waka Baharkam Irjen Pol Eko Hadi Sutoyo, serta undangan lainnya.(jo-17)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.