Dinas Kebersihan Jakarta Ambil Alih Swakelola TPST Bandar Gebang

Ilustrasi
JAKARTA,JO- Dinas Kebersihan DKI Jakarta rencanakan swakelola Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang,Bekasi. Namun begitu, jangan khawatir, karena Dinas Kebersihan Jakarta tetap akan memberikan kompensasi kepada warga sekitarnya.

"Walaupun pengelolaan dilakukan secara swakelola,warga yang bermukim di sekitar TPST Bantar Gebang tetap akan mendapatkan dana kompensasi yang dikenal sebagai Community Development (CD).Nilainya bahkan lebih besar dari sebelumnya," kata Kepala Unit Pengelola Sampah Terpadu (UPST) Dinas Kebersihan Asep Kuswanto di Jakarta, Kamis (23/6).

Saat ini kata Asep,Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 35 miliar untuk dana kompensasi. Anggaran teraebut akan diberikan kepada 18 ribu kepala keluarga (KK) yang ada di sekitar TPST Bantar Gebang.

Sementara Kepala Seksi Penyuluhan dan Humas Dinas Kebersihan DKI Jakarta Yogi Ikhwan mengatakan, mekanisme penyaluran anggaran CD akan ditransfer ke rekening kas daerah Pemeritah Kota Bekasi.Pemkot Bekasi nantinya akan membagikan kepada warga setiap KK yang berhak menerimanya melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

"Langsung di transfer tiap KK, diberikan per tiga bulan dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 200 ribu, Bantuan Sosial (Bansos) sebesar Rp 200 ribu dan Bantuan Pembagunan Fisik Rp 100 ribu. Jadi totalnya sebesar Rp 500 ribu per tiga bulan per KK. Nilai ini naik 66,67 persen dibanding sebelumnya yang hanya Rp 300 ribu per tiga bulan," tandasnya. (jo-6)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Diberdayakan oleh Blogger.