Wah, Pemerintah India Inginkan Berliannya Dikembalikan

Berlian yang menjadi kontroversi puluhan tahun.
JAKARTA, JO- Pemerintah India menegaskan akan menempuh segala upaya untuk mengambil kembali berlian Kohinoor, pernyataan yang berlawanan dengan apa yang disampaikan Jaksa Agung India yang menyebut bahwa batu berharga dan bersejarah itu merupakan hadiah kepada Inggris dan tidak dicuri.

Sejumlah pemberitaan menyatakan Jaksa Agung India Ranjit Kumar sebelumnya mengatakan berlian itu tidak dicuri atau diambil secara paksa tapi dipersembahkan kepada East India Company oleh penguasa Pubjab, menurut CNN, Rabu (20/4).

Berlian seberat 105,6 karat yang legendaris, yang diberi nama "gunung cahaya" dipasang di mahkota Ratu di Tower of London. Keberadaan berlian ini telah menjadi kontroversi puluhan tahun, dan diklaim bukan hanya India tapi juga Pakistan.

Miliarder disebut-sebut membeli berlian yang termahal di dunia itu yang digali dari lokasi tambang Golconda, India, menurut Istana Kerajaan Inggris. Berlian ini pernah dimiliki Pangeran Mughal, prajurit Iran, penguasa Afghanistan dan Maharaja Punjabi, sebelum berarhir di tangan Inggris pada tahun 1849.

Berlian ini juga telah mengalami perubahan bentuk dan dipotong ulang pada tahun 1852 menjadi berlian berbentuk oval. (jo-2)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.