Satgas Pamtas 431/SSP Ajarkan Baca Tulis Warga di Papua

Prajurit Pamtas saat mengajarkan baca tulis kepada
masyarakat di Keerom, Papua.
JAKARTA, JO- Prajurit TNI dari Batalyon Infanteri Lintas Udara 431/Satria Setia Perkasa (SSP) Maros, Sulawesi Selatan yang tengah melaksanakan tugas sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) di wilayah RI-PNG, mengajarkan baca tulis dalam rangka memberantas Buta Aksara bagi warga di Kampung AMD, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua, khususnya bagi para orang tua yang belum bisa membaca dan menulis.

Kegiatan mengajarkan baca tulis oleh Prajurit Pamtas Linud 431/SSP tersebut, dilaksanakan di rumah warga yang berada di sekitar salah satu Pos Satgas yaitu Pos Wambes dan dipimpin oleh Letda Inf Airlangga, serta disesuaikan dengan waktu luang warga namun secara rutin dilaksanakan setiap hari Minggu.

Perwira Hukum (Pakum) Satgas Pamtas Linud 431/SSP Kapten Kiki Lubis di Papua, Kamis (14/4/2016) menuturkan bahwasanya pendidikan merupakan faktor utama untuk kemajuan suatu daerah, karena dengan pendidikan yang baik tentunya akan memperbaiki kesejahterahan masyarakat.

“Kegiatan mengajar ini menjadi berbeda, karena muridnya adalah para orang tua yang tidak pernah sekolah sehingga tidak bisa baca tulis sama sekali,” ucapnya.

“Bermodalkan semangat, papan dan kapur tulis, Prajurit TNI Satgas Pamtas Linud 431/SSP meluangkan waktunya dengan mengajarkan ibu-ibu dan Bapak-bapak untuk belajar membaca dan menulis, dengan harapan masyarakat Kampung AMD tidak ada lagi yang tidak bisa baca tulis,” kata Kapten Kiki.

Menurut Pakum Satgas Pamtas Kapten Kiki Lubis, masyarakat sangat antusias menerima pelajaran dari satgas, ada yang datang belajar dengan membawa anak sambil membawa alas triplek, buku dan pensil. “Satgas juga memberikan kertas sebagai bahan evaluasi yang dikumpulkan untuk melihat sejauh mana masyarakat menerima materi,” pungkasnya.

Sementara itu, Bapak Tomi Wenda selaku Tokoh Masyarakat Kampung AMD mengucapkan terimakasih kepada Prajurit TNI Satgas Pamtas Linud 431/SSP yang mau meluangkan waktunya untuk mengajarkan masyarakat setempat yang buta aksara, agar bisa membaca dan menulis.

“Mudah-mudahan masyarakat dapat ilmu yang bermanfaat guna memudahkan urusannya dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga tidak gampang dipengaruhi oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab,” ucap Bapak Tomi. (jo-17)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.