NeFo Bersama Yasporbi Primary School, HIPMI dan KNPI Gelar Earth Day 2016

Kegiatan Hari Kartini dan Earth Day yang digelar
oleh NeFo bersama Yasporbi Primary School, HIPMI
Jakarta Pusat dan KNPI DKI Jakarta.
JAKARTA, JO- NeoSentra Foundation (NeFo) bekerjasama dengan Yasporbi Primary School dan HIPMI BPC Jakarta Pusat serta KNPI DKI Jakarta, menggelar serangkaian acara dengan tema: “Mempersiapkan Generasi yang Lebih Baik Bagi Bumi yang Lebih Baik”.

Kegiatan ini diadakan di dua tempat yaitu di Kebun Kota Hijau Selaras Mandiri (penerima Kalpataru DKI Jakarta 2015) pada tanggal 25 April 2016, dan di Yasporbi Primary School (Komplek BI) pada tanggal 29 April 2016.

Menurut keterangan pers Ketua Umum NeFo Alberto Ali di Jakarta, Rabu (27/4), kegiatan ini juga melibatkan peran serta Kelurahan Kebon Kosong, Camat Kemayoran, Dinas Kebersihan dan Dinas Pertanian DKI Jakarta serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk membangun kesadaran dan kepedulian kita semua, khususnya anak-anak usia dini, untuk mulai memiliki wawasan yang tepat terkait keseharian kita semua yang berdampak pada kelestarian lingkungan hidup kita sendiri,” kata Alberto Ali.

Dikatakan, bentuk kegiatan pada tanggal 25 April 2016 di Kebun Kota Hijau Selaras Mandiri, Kemayoran adalah pengenalan terhadap jenis-jenis sampah domestik dan pengolahannya menjadi pupuk organik, wawasan tentang konservasi energi dan sumber daya lainnya, penjelasan tentang energi baru terbarukan, semangat positif dengan kegiatan seni dan budaya serta olahraga, melatih kreativitas melalui kerajinan tangan dari sampah non-organik, dan juga pengalaman untuk melakukan panen atas hasil tanaman Kebun Kota Hjau Selaras Mandiri.

Sedangkan kegiatan pada tanggal 29 April 2016 yang akan diadakan di Aula Yasporbi Primary School (SD Yasporbi I Bidakara-Pancoran) adalah pemberian penghargaan kepada semua pihak terkait, termasuk hadiah bagi para peserta lomba dan workshop terkait lingkungan serta bazaar amal untuk warga sekitar.

NeoSentra Foundation adalah sebuah yayasan yang didirikan oleh Jhody Arya Prabawa untuk mewadahi semangat belajar semua anak-anak remaja khususnya mereka yang termarjinalkan agar dapat memiliki peluang yang lebih baik lagi dalam menjalani kehidupannya dan mencapai cita-cita serta impian mereka, tanpa harus dibatasi oleh keadaan finansial maupun kekurangan fasilitas dasar lainnya.

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI BPC Jakarta Pusat) M Aaron Sampetoding menyampaikan bahwa sebagai pengusaha muda, HIPMI harus memiliki kepedulian nyata dalam membangun semangat Socio-Ecopreneurship dimana peran pengusaha tidak lagi sekedar mencari profit yang sebesar-besarnya melainkan ada tanggung-jawab yang lebih utama lagi dalam berkontribusi membangun gerakan sosial guna memberdayakan sektor UMKM.

Tanggung jawab itu melalui pemberdayaan kekuatan ekonomi lokal dan berbasis masyarakat, serta memperhatikan dan mempertimbangkan sepenuhnya dampak-dampak lingkungan yang terkait, atau dengan kata lain dibutuhkan suatu harmonisasi antara menggerakan roda perekonomian dengan upaya-upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup.


Hal yang senada juga disuarakan oleh Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI DKI Jakarta) Ichwanul Muslimin Dault yang dalam kesempatan yang sama menekankan pentingnya peran serta para pemuda dalam membangun kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan hidup melalui berbagai kegiatan yang produktif sehingga pada gilirannya akan menciptakan iklim yang positif bagi mereka dalam mengisi dan menjalani aktivitasnya sehari-hari.

KNPI DKI Jakarta juga berharap agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta semakin meningkatkan kolaborasi kemitraannya bersama KNPI DKI Jakarta untuk melaksanakan berbagai program kerja yang bersifat memberdayakan potensi para pemuda Jakarta melalui OKP yang ada.

Tidak hanya itu, KNPI DKI Jakarta juga akan mondorong terus semangat dan upaya untuk memberikan edukasi terkait kontribusi nyata para pemuda yang harus juga dimulai sejak usia dini agar pada saatnya nanti, mereka sudah memiliki bekal dasar yang mumpuni untuk mulai berperan aktif dalam berbagai wadah organisasi kepemudaan guna membantu masyarakat dan pemerintah mencapai kesejahteraan bersama. (jo-2)



Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.