Air Danau Toba Semakin Tercemar, Perlu Penanganan Segera

Pengukuran pH air Danau Toba. Kini 9,31.
AJIBATA, JO- Air Danau Toba semakin keruh dan tidak jernih lagi. Hal ini berdampak pada wisatawan yang berlibur dan mandi di danau ini selalu mengeluhkan tidak sehatnya air di danau terbesar di Indonesia ini.

Menurut Lian, salah seorang pemuda Ajibata, Kabupaten Tobasa mengatakan pencemaran Danau Toba berada dalam tahap kritis. Dia pun menyebut, berdasarkan pengukuran yang mereka lakukan PH air Danau Toba sekarang berkisar 9,31 padahal pada umumnya air yang ber-pH > 9,5 merupakan perairan yang sangat basa yang dapat menyebabkan kematian dan mengurangi produktivitas perairan.

"Jika tidak ditangani secara serius pencemaran ini akan menimbulkan gangguan pada kesehatan masyarakat setempat, Gangguan tersebut dapat saja mengakibatkan lemah otak," katanya di Ajibata, kemarin.

Dia juga menyebut, salah satu indikator tercemarnya Danau Toba adalah meningkatnya kadar Nitrogen. Nitrogen tersebut bersumber dari protein yang terkadung dalam pelet dan sisa makanan dari restoran yang di buang ke Danau Toba.

Nitrogen tersebut terpecah menjadi amoniak dan diikuti perubahan menjadi Kalium dan mengakibatkan Zat ini akan sangat membahayakan jiwa manusia jika dikonsumsi.

Selain itu, pakan ikan yang selalu ditabur dan dibuang ke Danau Toba juga mengandung zat yang membahayakan bagi tubuh manusia. (kirman sidabutar/a sitio)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.