Tuntut Pembebasan Rekannya, Buruh Demo di Polda Metro Jaya

Demo buruh yang berlangsung di Polda Metro Jaya, hari ini.
JAKARTA, JO - Sebanyak 26 aktivis buruh ditangkap saat berdemo di Istana Negara pada 20 Oktober 2015 lalu, kini sudah mencapai tahap P21, dan berkas perkara mereka akan segera sampai ke Kejati DKI. Artinya, dalam waktu dekat aktivis akan segera disidangkan dan status hukum terhadapnya akan berkekuatan tetap.

Menghadapi ini, para buruh menggelar demo di lapangan Sabara Polda Metro Jaya, hari ini. Mereka menggelar orasi yang disampaikan saling bergantian oleh aktivis, yang menuntut pembebasan rekan aktivis yang ditangkap, karena demo melewati jam batas yang telah ditentukan.

Menurut anggota LBH Jakarta Maruli, kepolisian sudah melakukan berbagai macam pelanggaran dan tindakan semena-mena dalam memproses hukum rekan-rekannya. Alasannya, mereka sudah berunjuk rasa sesuai prosedur, tapi malah ditangkap juga. Padahal aksi itu sudah mendapat izin dari Polda Metro Jaya.

“Tindakan mereka harus dimaknai sebagai bentuk pembungkaman, terhadap masyarakat sipil yang memperjuangkan hak-haknya,” kata Maruli di Jakarta, Rabu (17/2).

Sebanyak 23 orang buruh, 1 mahasiswa dan 2 pengacara LBH Jakarta ditangkap, disiksa dan ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya dengan tuduhan melawan penguasa.

Maladministrasi dinilai dilakukan Polda Metro Jaya dalam prosedur penangan perkara terhadap buruh, mahasiswa dan dua pengacara LBH yang ditangkap.

“Mereka ditetapkan sebagai tersangka tanpa bukti permulaan yang cukup” kata Maruli.

Oleh sebab itu, ratusan aktivis buruh yang berdemo dilapangan Polda Metro Jaya untuk menuntut keadilan akan nasib teman mereka yang mengalami tindakan diskriminasi.

“Intinya kami menilai Polda Metro Jaya melakukan kriminalisasi, terhadap perjuangan dan kahidupan kaum buruh,” tegas Maruli.(amin)


Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Diberdayakan oleh Blogger.