Proyek SkyBender, Google Uji Coba Drone Sebar Jaringan 5G

Pesawat nirawak bertenaga surya, Solara 50.
JAKARTA, JO- Google melaju cepat dalam perlombaan pemberian akses internet berkecepatan tinggi, dengan menguji coba pesawat tanpa awak atau Drone bertenaga surya, Solara 50.

Proyek baru yang diberi nama Project SkyBender, bertujuan untuk menggunakan teknologi transmisi gelombang radio milimeter yang digunakan untuk menyebarkan jaringan 5G.

Teknologi gelombang milimeter ini dapat mengirimkan data dalam ukuran giga byte per detik, atau hingga 40 kali lipat lebih cepat dari kecepatan koneksi 4G LTE yang ada saat ini. Teknologi ini nantinya akan menjadi salah satu infrastruktur untuk jaringan internet 5G.

"Keuntungan besar dari gelombang milimeter adalah akses ke spektrum baru karena spektrum ponsel yang ada sudah penuh sesak,"kata Jacques Rudell, seorang profesor teknik listrik di University of Washington di Seattle yang mengkhususkan diri dalam teknologi ini.

Google menguji sistem gelombang milimeter ini di Spaceport America di New Mexico, menggunakan drone bertenaga surya yang dibangun oleh perusahaan subdivisi Google Titan, menurut informasi The Guardian, hari ini.

Meskipun demikian, teknologi gelombang radio milimeter ini memiliki daya jangkau yang lebih pendek jika dibandingkan dengan gelombang radio seluler yang saat ini digunakan di jaringan 4G LTE, serta sangat mudah terpengaruh oleh kondisi cuaca.

Frekuensi yang digunakan oleh Google dalam Project SkyBender ini hanya sebesar 28 GHz. Kekuatan sinyal gelombang tersebut juga hanya bisa menjangkau 1/10 dari jarak sinyal 4G LTE. Google pun dikabarkan sedang melakukan eksperimen dengan teknologi transmisi yang disebut dengan phased array untuk mengatasi hal tersebut.

Project SkyBender merupakan bagian dari proyek tim Google Access. Google Access fokus dalam pengembangan untuk menghadirkan jaringan internet berkecepatan tinggi melalui udara dan sebelumnya juga telah mengembangkan proyek serupa yang diberi nama Project Loon. (jo-4)

Hotel Murah Klik Disini Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Diberdayakan oleh Blogger.