Pesawat Sukhoi SU 27/30 dalam latihan Kilat-16.
JAKARTA, JO- Pangkosekhanudnas I Marsma TNI Ir Novyan Samyoga, MM, hari ini, secara resmi membuka dimulainya latihan Pertahanan Udara (Hanud) di ruang SOC (Sektor Operation Centre) Makosekhanudnas I Jakarta, Selasa (23/2).

Latihan Hanud yang terpusatkan di Lanud Halim Perdanakusuma dengan sandi “Kilat-16” berlangsung selam dua hari ini, melibatkan mulai dari unsur Tempur Sergap Sukoi SU-27/30 dari skadron udara 11 Makasar, Unsur Helikopter SA-330 dari skadron 8 Lanud Atang Senjaya Bogor dan Paskhasau sebagai tim SAR serta unsur Radar di jajaran Kosekhanudnas I.

Menurut Pangkosekhanudnas I, latihan hanud yang digelar ini bertujuan untuk melatih dan menguji sistem pertahanan udara yang dimiliki jajaran Kosehanudnas I mulai dari satuan radar hingga unsur tempur sergap yang melibatkan Sukoi SU-27/30.

"Selain itu kita ingin menguji dan meningkatkan kemampuan para prajurit Angkatan Udara khususnya yang memiliki tanggung jawab sebagai operator GCI (Ground Control and Intercep)," katanya.

Diharapkan melalui ajang latihan ini dapat meningkatkan kesiap siagaan untuk menjaga, mengawal dan menindak setiap ancaman dari udara yang dapat mengganggu kedaulatan NKRI ulasnya.

Latihan hanud Kilat-16 melibatkan sebanyak 4 unit Sukoi yakni TS- 2704, TS-3008, TS-3009,TS-3010 dipimpin langsung oleh Danskdron Ltk Pnb Vincentius Endi Hadi Putra.

Tepat pukul 10.10 WIB sourti pertama, dua pesawat Sukoi melesat di atas awan terbang meninggalkan Pangkalan Halim Perdanakusuma menuju area latihan yang langsung dikendalikan oleh Satrad 216 Cibalimbing Sukabumi.

Walaupun sempat di bayang-bayangi oleh kondisi cuaca kurang bersahabat, hujan ringan yang membasahi bumi Ibu Kota Jakarta namun latihan dapat berjalan lancar aman dan selamat. (jo-17)


Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Diberdayakan oleh Blogger.