Basuki T Purnama
JAKARTA, JO- Gubernur Banten yang juga Ketua Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) Jabodetabekjur, Rano Karno mengajukan proposal ke Pemprov DKI untuk membantu pembangunan di sembilan kota dan kabupaten di daerah belakang DKI Jakarta senilai Rp4,85 triliun.

Dana itu akan dimanfaatkan untuk pembiayaan berbagai kegiatan mulai dari pendidikan, kesehatan, penanganan banjir dan macet yang secara langsung maupun tidak langsung berhubungan dengan permasalahan DKI Jakarta.

Proposal itu sendiri disampaikan dalam rapat BKSP Jabodetabekjur yang digelar di Balai Kota DKI, Jakarta, Jumat (26/2). Selain Rano Karno dan Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) juga hadir sejumlah kepala daerah lainnya.

Menurut Rano Karno, anggaran Rp4,85 triliun itu untuk sembilan kota dan kabupaten yang ada. Jumlah terbesar diajukan oleh Kota Tangerang sebesar Rp 2,6 triliun dan Kota Tangerang Selatan hampir Rp 2 triliun.

Sedangkan jumlah terkecil adalah Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bekasi yang masing-masing cuma mengajukan sekitar Rp 5 miliar.

Menurut Rano Karno, nanti tiap kepala daerah mengajukan program usulan, diverifikasi dan diberikan dananya. Kali ini untuk tahun anggaran 2017.

Menurutnya, tiap tahun DKI memang membantu, hanya saja selama ini tidak melalui BKSP. BKSP ini dimaksudkan agar koordinasi lebih solid supaya tidak tumpang tindih dengan berbagai kegiatan.

Ahok sendiri dalam dalam forum itu sudah menyatakan siap menggelontorkan dana Rp 4 triliun untuk daerah penyangga DKI.

Dia juga membeberkan sejumlah rencana ke depan. Misalnya keinginan DKI membangun jalur busway sampai Tangerang. Menurutnya, jika jalur TransJ itu sudah selesai dibangun sampai daerah penyangga dengan tanah mereka, maka warga cukup bayar Rp 3.500/orang.

Lalu penanganan Daerah Aliran Sungai (DAS), masalah macet atau lalu lintas, dan masalah banjir. Khusus untuk banjir, Ahok ingin ada banyak area resapan seperti di Bogor dan Depok. Tanahnya dibeli oleh DKI tapi jadi hak milik daerah bersangkutan. (jo-3)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Diberdayakan oleh Blogger.