Sebanyak 615 Pati dan Pamen TNI Ikuti Uji Ketangkasan Militer

Uji ketangkasan di Karang Pilang, Surabaya.
JAKARTA, JO- Sebanyak 615 Perwira Tinggi (Pati) dan Perwira Menengah (Pamen) TNI AD, TNI AL dan TNI AU peserta Apel Komandan Satuan (Dansat) TNI tahun 2016, mengikuti Uji Ketangkasan Militer sebagai rangkaian kegiatan Apel Komandan Satuan (AKS) TNI tahun 2016 di Bumi Sarang Petarung Marinir, Karang Pilang Surabaya, Jawa Timur, Rabu (27/1).

Lomba Ketangkasan Militer yang dilaksanakan di hari kedua pelaksanaan Apel Dansat TNI ini terbagi dalam 37 tim, dimana masing-masing tim merupakan gabungan dari ketiga Angkatan.

Semua materi latihan ketangkasan militer yang dilombakan atau dipertandingkan ini, adalah untuk mengingatkan dan menyegarkan kembali dasar-dasar keprajuritan ketiga Angkatan, seperti melintasi/mengatasi medan yang sulit dengan teknik penyebrangan dengan melintasi titian tali satu dan dua, dayung, rayapan tali satu. Selain itu, juga melakukan lempar pisau/kapak, dan naik turun jaring.

Disamping itu juga, ada materi teknik dasar menembak senapan dan pistol serta kecepatan mendirikan tenda parasut. Lomba yang dikemas dalam bentuk Fun Game tetap mengacu dan berpedoman kepada dasar-dasar teknik kemiliteran dalam setiap materi lomba.

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya

Terkait pelaksanaan AKS TNI yang baru pertama kali dilaksanakan, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menegaskan bahwa, TNI yang kuat, hebat dan professional itu diperlukan pemimpin-pemimpin yang handal. Pemimpin yang handal adalah pemimpin yang mampu memberikan contoh tauladan, yang mau bersama-sama dengan prajuritnya.

“Saya kumpulkan disini, kita mengadakan Apel Komandan Satuan dan mendengarkan pembekalan dari mantan Panglima TNI seperti Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno, Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto, Jenderal TNI (Purn) Joko Santoso, dan Laksamana TNI (Purn) Agus Suhartono. Mereka adalah pendahulu-pendahulu kami, sehingga mereka melihat dari luar apa yang mereka beliau-beliau harapkan terhadap TNI kedepan,” kata Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Dikatakan, permainan ini adalah permainan militer dasar. Ada naik perahu karet, kemudian membalikan perahu, karena ada serangan udara sembunyi dibalik perahu, setelah aman perahu kembali dibalikkan lagi. Kemudian melaksanakan ekspedisi, seperti permainan tali, tali satu, tali dua, tali tiga, naik turun jaring, menembak senapan dan pistol, serta lempar pisau dan lempar kampak.

Untuk lebih memantabkan soliditas profesionalisme dan militansi prajurit TNI, Apel Komandan Satuan TNI tahun 2016 diakhiri dengan renungan malam pada pukul 00.00 WIB di Taman Makam Pahlawan Mayjen Sungkono yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Apel Komandan Satuan TNI tahun 2016, yang mengangkat tema “Reaktualisasi Kepemimpinan Komandan Satuan Guna Memantapkan Soliditas, Profesionalisme Dan Militansi Prajurit TNI Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok”, digelar selama dua hari (26 s.d 27 Januari 2016), di dua tempat berbeda yaitu Komplek Koarmatim Dermaga Ujung Surabaya dan Kesatrian Sarang Petarung Marinir, Karang Pilang. (jo-17)
Diberdayakan oleh Blogger.