Mabes Polri Mutasi 282 Perwira Diantaranya Tujuh Kapolda

Badrodin Haiti
JAKARTA, JO - Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) melakukan mutasi terhadap sejumlah perwira tinggi dan menengah di jajarannya.

Dalam Surat Telegram Nomor ST/2718/XII/2015 dan ST/2719/XII/2015 tanggal 31 Desember 2015 yang ditandatangani Wakapolri Komjen Budi Gunawan atas nama Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, terdapat ratusan perwira yang dimutasi.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane memberi apresiasi terhadap mutasi besar-besaran yang dilakukan Polri bertepatan dengan berakhirnya tahun 2015. Tercatat, ada 282 perwira yang dimutasi dan tujuh di antaranya Kapolda dan tujuh Wakapolda.

“Mutasi ini merupakan perubahan besar di tubuh Polri, karena ada yang pensiun dan juga merupakan penataan komposisi personel baru untuk menyongsong Tahun Baru 2016,” kata Neta di Jakarta, Senin (4/1).

Neta mengungkapkan penataan komposisi ini penting, sebab ada beberapa pejabat yang baru menjabat, kemudian diberi posisi baru lagi dan banyak yang mendapat promosi alias naik pangkat.

“Dengan adanya komposisi baru ini diharapkan Polri akan lebih cepat lagi melakukan perubahan dan revolusi mental,” ujarnya.

Sesuai dengan telegram rahasia (TR) Kapolri Nomor ST/2719/XII/2015 tertanggal 31 Desember 2015, Kapolda yang diganti adalah Kapolda Kepulauan Riau, Jambi, Lampung, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, NTT dan Maluku.

Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) Brigjen Arman Depari, akan diisi oleh Brigjen Sambudi Gusdian. Arman akan mengisi posisi Deputi Pemberantasan BNN menggantikan Irjen Deddy Fauzi el Hakim.

Kapolda Jambi Brigjen Pol Lutfi Lubihanto dipromosikan menjadi Wakabintelkam. Dia digantikan oleh Brigjen Pol Musyafak yang kini menjabat sebagai Wakapolda Jateng.

Kapolda Lampung Brigjen Pol Edward Syah Pernong yang digeser sebagai analis kebijakan utama Sahli Kapolri. Posisinya akan diisi Brigjen Pol Ike Edwin yang kini menjabat sebagai Wakapolda Sulselbar.

Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Bambang Sri Herwanto diangkat sebagai Direktur Program STIK. Dia akan digantikan Brigjen Pol Basarudin yang kini duduk sebagai Karo Watpres SDM Polri.

Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Iza Fadri digeser menjadi Sahli Sospol Kapolri. Dia digantikan oleh Irjen Pol Djoko Prastowo yang saat ini menjabat Wakabaintelkam.

Kapolda NTT Brigjen Pol Endang Sunjaya dimutasi sebagai Irwil III Itwasum. Dia akan digantikan Brigjen Pol Widiyo Sunaryo yang kini berdinas di Div Hubinter Mabes Polri.

Kapolda Maluku Brigjen Pol Murad Ismail dipromosikan menjadi Kakor Brimob. Posisinya akan digantikan oleh Brigjen Pol Ilham Salahuddin yang kini menjabat sebagai Wakapolda Sumut. (amin)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.