Polda Metro Jaya Grebek Tempat Pemalsuan Surat di Pasar Pramuka

AKBP Hery Heryawan memberikan keterangan.
JAKARTA, JO - Unit 2 Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya menggrebek tempat membuat surat-surat palsu di Pasar Pramuka, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (21/11).

Setelah melakukan pemeriksaan, polisi akhirnya menetapkan delapan tersangka yang telah memenuhi unsur tindak pidana membuat akta otentik palsu atau ijazah palsu, buku nikah palsu, KTP palsu, akte kelahiran palsu, Kartu Keluarga palsu, bahkan buku tabungan palsu.

Kasubdit Jatanras AKBP Hery Heryawan mengatakan penggerebekan merupakan pengembangan dari kasus penipuan ‘mama minta pulsa’ yang berhasil diungkap beberapa waktu lalu. Penipuan bermuara dari tempat ini, karena modus penipuan membutuhkan Kartu Keluarga palsu dan KTP palsu untuk membuka rekening di bank.

“Surat tanah dipalsukan, lalu surat tanah asli digadaikan di bank. Yang menarik lagi ada yang memalsukan surat cerai palsu, agar dapat memikat wanita lain,” kata Kasubdit Jatanras AKBP Hery Heryawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (22/11).

Dari lokasi pembuatan identitas palsu ini, petugas terus mengembangkan kasus penipuan lain untuk memutus mata rantai penipuan dengan pemalsuan surat-surat penting. Petugas menyita monitor, CPU, printer, scanner serta hologram palsu dan stempel sebagai barang bukti.

Sementara itu, Kanit 2 Subdit Jatanras Kompol Jerry Siagian menambahkan pemesanan bisa secara langsung atau melalui perantara untuk membuat dokumen palsu, serta pembuatan dokumen palsu juga bisa dipesan secara online.

“Biaya pembuatan dokumen palsu secara pribadi lebih mahal, jika dibandingkan dengan membuat dokumen palsu secara kelompok,” ujar Kompol Jerry Siagian.

Panit II Subdit Jatanras AKP Rovan Richard menerangkan para pelaku yang berhasil diamankan TH, NI, JL, MA, KAR, JUN dan IK.

Pelaku dijerat pasal 263 KUHP dan pasal 266 KUHP tentang pemalsuan surat, diancam penjara 7 tahun. (amin)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.