Kapolda: Gerakan 100 WNI yang Pulang dari Suriah Dimonitor

Tito Karnavian
JAKARTA, JO - Kapolda Metro Jakarta Inspektur Jenderal Tito Karnavian mengaku pihaknya terus memonitor 100 WNI yang disebut oleh Badan Intelijen Negara (BIN) baru kembali dari Suriah. Dari 100 WNI itu, kata Kapolda, ada yang kembali ke Indonesia secara berkelompok dan ada yang sendiri-sendiri.

"Kami warning dan monitor mereka, yang pulang kami monitor," kata Irjen Tito di Jakarta, Rabu (25/11).

Kepada pihak yang membiayai 100 WNI berangkat ke Suriah, Irjen Tito mengingatkan bahwa mereka bisa dipidana dengan sangkaan membiayai teroris.

"Orang yang mengirim ke Suriah dapat dilakukan pidana membiayai teroris," ujar Irjen Tito.

Terkait adanya rekaman video yang mengaku dari jaringan teroris Santoso dan mengancam Polda Metro serta Istana Negara, Irjen Pol Tito mengaku pihaknya belum memastikan kebenarannya. Terlepas dari ancaman itu, polisi terus melakukan pengamanan di dua tempat vital tersebut.

"Kami tingkatkan lagi (pengamanannya) beserta unsur-unsur TNI dan Polri," papar Irjen Tito.

Pasca memanasnya situasi keamanan di Timur Tengah dan usai penyerangan di Paris, Polda Metro Jaya juga memperkuat pengamanan di sejumlah kantor duta besar di Jakarta.

"Rabu lalu saya kumpulkan sejumlah kedutaan, mereka juga melakukan pengamanan sendiri maupun dari polisi. Kemudian Markas Polda, Polres, Polsek untuk melakukan pengamanan masing-masing," tutup Irjen Tito.

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso kemarin meminta warga waspada terhadap gerak gerik mencurigakan yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Saat ini, ada 100 orang lebih warga Indonesia yang kembali ke tanah air setelah sebelumnya ikut bergabung dengan Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS).(Amin)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.