Danlantamal III Pimpin Upacara Pengukuhan Danlanal Palembang

Pengkuhan Danlanal Palembang, hari ini.
JAKARTA, JO- Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Laksamana Pertama (Laksma) TNI Aguk Dwi Wahyu WU, SE mengukuhkan Jabatan Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Palembang kepada Kolonel Laut (P) Purwanto, SE di ruang Serbaguna Markas Komando (Mako) Lantamal III Jalan Gunung Sahari No 2 Jakarta Utara, Kamis (13/8).

Dalam amanatnya Danlantamal III Jakarta Laksma TNI Aguk Dwi Wahyu WU, SE mengatakan, dengan adanya pengukuhan jabatan ini diharapkan organisasi mampu menghadapi tantangan tugas seiring dinamika perubahan lingkungan strategis, serta menjadi momentum peningkatan pembinaan organisasi yang lebih baik.

Lanal Palembang merupakan satuan pelaksana di Lantamal III Jakarta yang bertugas menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi bagi unsur-unsur TNI Angkatan Laut, menyelenggarakan pembinaan potensi maritim menjadi kekuatan pertahanan keamanan negara (Hankamneg) di laut dan menyelenggarakan operasi keamanan laut serta melaksanakan tugas-tugas lain sesuai kebijakan pemimpin TNI Angkatan Laut di wilayah kerja Lanal Palembang.

Wilayah kerja Lanal Palembang mencakup perairan Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Jambi, berada pada posisi sangat strategis kerena terletak dialur sungai Musi dan berada di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI-I) yang merupakan jalur perekonomian daerah yang intensitasnya sangat tinggi serta merupakan akses Selat Bangka dan ke Laut Cina Selatan. Hal tersebut berdampak positif terhadap pembangunan daerah dan sekaligus mengandung kerawanan-kerawanan seperti illegal fishing, illegal logging maupun kecelakaan di sungai atau di laut.

Selanjutnya, Danlantamal III Jakarta, mengatakan bahwa jabatan Danlanal Palembang merupakan pembantu utama Danlantamal III, dalam merumuskan dan mengembangkan kebijakan Danlantamal III di bidang operasi, latihan dan kesiapsiagaan serta pembinaan komando dan pengendalian operasi pembinaan potensi maritim. Untuk dapat melaksanakan tugas tersebut diperlukan perhatian khusus yang menuntut kecepatan dan ketelitian dalam melaksanakan gelar operasi dan latihan di jajaran Lantamal III sehingga tercapai suasana aman.

Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya | Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya | Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya | Jalan-jalan ke Las Vegas? Temukan harga hotel terendah

Hal ini dikarenakan kedudukan Lantamal III yang berada di Ibukota negara, dimana berbagai bentuk kerawanan di darat maupun di laut yang senantiasa menuntut kesiapsiagaan satuan-satuan TNI, termasuk Lantamal III.

Dalam melaksanakan tugas-tugasnya, Lanal Palembang dituntut untuk terus meningkatkan patroli keamanan laut, kerja sama dengan unsur Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) maupun dengan melibatkan kapalm patroli instansi terkait sesuai tugas kewenangan masing-masing.

Disamping itu melaksanakan kegiatan lain, baik dalam wujud bantuan kemanusiaan, Search and Rescue (SAR) dan pertolongan terhadap kecelakaan baik di sungai maupun di laut serta membantu penanggulangan kebakaran hutan.

Pada akhir amanat Danlantamal III Jakarta, mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di Lantamal III kepada Kolonel Laut (P) Purwanto, SE, dan sebagai Danlanal Palembang yang baru agar dapat mengembangkan hasil-hasil yang telah dicapai oleh pejabat yang lama serta menciptakan kreatifitas baru sehingga kinerja terus meningkat.

Dalam kesempatan bersamaan, Ketua Koordinator Cabang (Korcab) III Daerah Jalasenastri Armada Barat (DJAB) Ny Aguk Dwi Wahyu, WU memimpin acara pengangkatan Ketua Cabang 5 Korcab III DJAB Ny Purwanto di Kantor Korcab III DJAB Mako Lantamal III Jakarta.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para Asisten Danlantamal III, Kafasharkan Jakarta, Danpomal Lantanal III, para Danlanal jajaran Lantamal III, dan para Kadis/Kasatker Lantamal III Jakarta. (jo-17)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.