Gatot Nurmantyo: Kita Punya 12 Hercules Buatan 1964 dan 12 di Atas 1971

Uji kelayakan di DPR.
iJAKARTA, JO- Calon panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan saat ini TNI memiliki 12 pesawat Hercules yang pembuatannya 1964 dan 12 Hercules lain yang dibuat di atas tahun 1971.

Pesawat-pesawat itu masih tetap dioperasikan sampai sekarang karena memang masih bisa dipergunakan dan belum ada penggantinya. Hanya saja ke depan ia berkomitmen untuk tidak akan menerima pesawat hibah atau bekas, namun dengan pembelian baru.

"Ada 12 pesawat hercules tahun 1964 dan 12 dari produksi tahun 1975 ke atas. Tidak mungkin menghentikan operasi pesawat Hercules tersebut meskipun dengan alasan pesawat sudah uzur. Apabila itu (pesawat Hercules) lalu kita mau menggunakan apa," katanya usai melakukan fit and propertest calon panglima TNI di Komisi I DPR, Jakarta, Rabu (1/7) malam.

Menurut Gator, kategori pesawat ada dua yaitu layak terbang atau tidak layak. Gatot mencontohkan pesawat Hercules produksi tahun 1964 masih digunakan Singapura dan Bangladesh, namun dilakukan sistem pemeliharaan secara berkesinambungan.

"Sistem pemeliharaannya setiap 50 jam terbang ada 'opname' dan pengecekan lalu per tiga tahun dan per enam tahun dilakukan cek," katanya.

Menurut Gatot, dirinya sudah berkomunikasi dengan Komisi I DPR RI, untuk pesawat udara harus baru.

"Pengadaan yang akan datang harus baru, kecuali yang sudah terlanjur (proses pengadaannya)," kata Gatot. (Jo-2)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.