Sepp Blatter, dari Penyanyi Pernikahan ke Bos FIFA

Sepp Blatter
JAKARTA, JO- Sepp Blatter, presiden FIFA yang baru saja mengundurkan diri dari jabatan tertinggi di federasi sepak bola dunia itu, hingga kini terus menjadi bahan perbincangan.

Tapi tahukah Anda jika pria kelahiran Visp, Swiss pada 10 Maret 1936 itu memulai karirnya sebagai penyanyi pernikahan (wedding singer)?

Blatter memulai bekerja di FIFA tahun 1975 sebagai direktur teknis (1975-1981), kemudian menjadi sekjen pada periode 1981-1998), sebelum kemudian dia terpilih dalam pemilihan sebagai presiden FIFA sejak 1998.

Karir Blatter sebelum tahun 1975 ternyata menarik perhatian namun belum banyak diungkap ke publik selama ini. Dia memulainya dengan profesi wedding singer, kemudian masuk ke dunia public relations.

Ayahnya bekerja di pabrik kimia, tidak mencukupi untuk menghidupi Joseph Sepp Blatter dan saudara-saudaranya Peter dan Marco serta adiknya Ruth.

Blatter muda tidur sekamar dengan Peter, dan mereka acap mendorong gerobak buah dan sayuran ke pasar untuk menambah penghasilan keluarga.

Namun dari pengalaman ini sepertinya memberikan ketekunan pada diri Blatter yang tampak terlihat jelas hingga hari ini.

Blatter muda adalah pemain sepak bola yang berpotensi. Ia dikenal sebagai 'raja' di antara temannya, dan pernah ditawari kontrak oleh tim Swiss Lausanne Sport FC. Tapi saat itu ayahnya mengatakan kepadanya sepakbola 'tidak menjanjikan" secara materi.

Ia belajar di Saint Maurice, sebelum mendapatkan gelar dalam bisnis dan ekonomi dari Universitas Lausanne pada tahun 1959.

Blatter menjadi kepala public relation di dewan pariwisata di daerahnya, dan menjadi sekretaris jenderal Ice Hockey Federation Swiss.

Dia juga adalah Director of Sports Timing and Relations of Longines SA, dan terlibat dalam organisasi tahun 1972 dan Olimpiade 1976. (jo-2)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.