Sepp Blatter Akhirnya Mundur dari Presiden FIFA

Sepp Blatter
JAKARTA, JO- Di luar dugaan banyak pihak, Presiden FIFA yang baru saja terpilih untuk kelima kalinya, Sepp Blatter, mengambil jalan baru yang mengagetkan dengan menyatakan mundur dari jabatan presiden FIFA.

Sikap ini disampaikan Sepp Blatter, 79, pada Selasa (2/6) waktu Swiss. Sepp sudah menduduki jabatan ini sejak 1998, namun kasus korupsi yang merebak di organisasi sepak bola dunia itu membuatnya sepertinya ikut tertekan.

Blatter dalam pernyataan yang dikutip BBCSport mengatakan, langkah ini diambil karena sepertinya mandat yang diberikan kepadanya tidak didukung semua orang.

FIFA sendiri sepertinya akan sesegera mungkin menggelar Kongres untuk menentukan Presiden baru.

"Waktu-waktu saya di FIFA selama 40 tahun telah menjadi bagian dari hidup saya. Saya mencintai FIFA lebih dari apapun dan selalu berusaha memberikan yang terbaik," kata dia.

Kecintaan itu juga yang mendorongnya untuk memutuskan tetap maju dalam Kongres pemilihan Presiden.

Sebelumnya, desakan Blatter agar mundur telah mengemuka jelang Kongres. Presiden Konfederasi Eropa (UEFA), Michel Platini terang-terangan memintanya pensiun, dan mengancam akan keluar dari FIFA dan menggelar turnamen sendiri jika dirinya terpilih.

Pada Senin, sebuah laporan menyebut Sekjen FIFA Jerome Valcke, yang adalah tangan kanan Blatter, melakukan pengiriman uang senilai 10 juta dolar AS ke mantan wakil presiden FIFA Jack Warner yang menurut jaksa positif sebagai uang hasil upaya pemilihan Afrika Selatan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010. (jo-3)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.