HUT Ke-11 Tagana Jakarta Barat, Turun Bersihkan Kali Angke

Membersihkan Kali Angke berkaitan dengan HUT Tagana.
JAKARTA, JO- Sebanyak 750 personel gabungan Taruna Siaga Bencana (Tagana), Satpol PP, TNI, Polri, Sudin Kebersihan, PMI, Pemadam Kebakaran (Damkar) dan organisasi masyarakat (ormas) membersihkan sampah di Kali Angke.

Aksi tersebut rangkaian kegiatan HUT ke-11 Tagana yang diadakan di lapangan Kompas, RT 001/01 Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat (Jakbar), Rabu (22/4) pagi.

Walikota Jakbar Anas Effendi mengatakan, wilayah yang dipimpinnya ini ,merupakan wilayah rawan banjir dan kebakaran. "Kalau musibah tahunan, banjir. Selain itu kebakaran, kalau bencana lainnya tidak ada," katanya.

Dikatakan, dengan 100 anggota, Tagana diharapkan bisa bekerjasama dengan unit unit terkait, seperti PMI, Damkar, terutama Sudin Sosial.

Terkait penambahan personel, walikota mengatakan jumlahnya akan bertambah setiap tahun. Namun, penambahan itu kewenangan Kementerian Sosial RI.

Personel Tagana direkrut dari masyarakat. Mereka bertugas membantu pemerintah dalam menanggulangi bencana.

"Mereka tidak diberi upah, karena mereka melakukan tugas dengan sukarela," kata Anas Effendi.

Sementara itu, aksi bersih Kali Angke dimulai dari hulu di wilayah Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan hingga Kali Cengkareng Drain, Kelurahan Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng, sepanjang sekitar 1,5 kilometer.

Ratusan personel terjun ke kali dengan perahu karet, lainnya membersihkan bantaran kali.

“Aksi bersih kali ini wujud kepedulian sosial Tagana bersama intansi terkait kepada masyarakat, agar kali bersih dari sampah dan saat musim hujan dapat meminimalisir banjir di Jakarta Barat,” ujar Walikota Anas Effendi.

Kasudin Sosial Jakarta Barat Hj Ika Yuli Rahayu menambahkan selain bersih Kali Angke, peringatan HUT ke-11 Tagana diisi berbagai kegiatan, antara lain pengobatan umum, pemberian bantuan sosial berupa 350 paket santunan dan sembako, 16 kursi roda dan 16 tongkat.

Dikatakan ika, Tagana hadir sebagai jawaban dalam membantu pemerintah dalam menangani siaga bencana.

"Saya berharap ke depan Tagana lebih peduli terhadap adanya bencana yang terjadi di tengah masyarakat," ucapnya.(Hery Lubis)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.