Prajurit TNI dibantu Yayasan Budha Tzu Chi membersihkan Ciliwung. 
DEPOK, JO- Tidak kurang dari 400 personil TNI dan Polri berkerja sama membersihkan Ciliwung, kemarin. Dibantu 3 unit truk sampah dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Depok, kerja sama ini berhasil mengangkut sampah-sampah yang ada di sungai yang mengalir dari Bogor, Depok hingga Jakarta itu.

Selain 3 truk, disiapkan juga 300 karung sampah dan 3 unit perahu karet untuk membersihkan sampah di sepanjang Ciliwung di wilayah Kemiri Muka, Depok.

Tidak hanya institusi TNI, Polri dan Pemkot Depok yang terjun, tapi juga Yayasan Budha Tzu Chi Jakarta, untuk ketiga kalinya juga terlibat untuk memberikan hidangan makan siang bagi para prajurit dan warga yang ikut.

Dari pantauan di lokasi, kegiatan ini menunjukkan terjalinnya kebersamaan yang harmonis termasuk juga dengan warga sekitar Kampung Gedong RW 20, 19 dan RW 05 Kemiri Muka, Beji, Depok.

Menurut Korlap Relawan Budha Tzu Chi Hemming mengatakan kegiatan bakti sosial membersihkan Ciliwung ini merupakan permintaan Panglima TNI Jenderal Dr Moeldoko yang berjalan sejak lama untuk titik lokasinya dipimpin koordinasi dengan Kodam Jaya berserta para relawan siap membantu tanpa pamrih.

Babinsa Kemiri Muka A Suhana dan Danramil Beji Kapten Sutopo merasa bersyukur dengan adanya karya bakti TNI karena selain sehat, berolah raga juga banyak menambah banyak teman.

Sebelumnya, Dandim 0508/ Depok Letkol Inf Santosa mengatakan keterlibatan prajurit TNI dalam membersihkan Ciliwung sekaligus memberikan contoh kepada masyarakat agar turut berpartisipasi dalam pelestarian Ciliwung.

"Pelestarian Ciliwung sebagai sarana penyanggah sangat penting untuk mencegah berbagai bencana seperti banjir dan penyakit akibat limbah atau sampah," katanya.

Sekarang pihak Pemkot Depok sudah mulai membuat spanduk-spanduk dan plank yang memberitahukan "Dilarang Membuang Sampah ke Ciliwung" di pinggir jalan kali jembatan Juanda dan jembatan Panus Depok.

Hal itu dilakukan agar masyarakat mengerti akan bahaya yang ditimbulkan akibat buang sampah sembarangan. "Ini merupakan tindakan presentatif pihak pemkot dalam upaya pencegahan lebih baik dari pada mengobati," kata dr Agus Gojali dari Dinas Kesehatan Kota Depok.

Sementara Kolonel Agus mengajak semua pihak untuk peduli dengan Ciliwung. "Ayo, kita semua dukung upaya pelestarian Ciliwung ini agar kita sehat, bersih dan berseri kembali ciliwung," katanya sambil mendengarkan lagu ciptaan Panglima TNI yang dinyanyikan oleh Panglima TNI JEnderal TNI Dr Moeldoko sendiri berjudul "Bersih-bersih Ciliwung". (benny)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.