Dandim 0508 Depok Kembali Ajak Warga Menjaga Ciliwung

Prajurit TNI sedang bersih-bersih Ciliwung.
DEPOK, JO- Komandan Kodim 0508/Depok Letkol inf Santosa mengajak semua pihak untuk memelihara Ciliwung yang mengalir di daerah Depok, Jawa Barat. Ciliwung perlu dipulihkan sebagai aset yang tidak ternilai.

"Kami siap kerja dan kerjasama dengan tiga pilar yakni TNI, Polri dan masyarakat, dalam kegiatan Selasa Bersih. Sebanyak 600 prajurit TNI dari Kodim 0508 Depok siap bekerja untuk memulihkan Kali Ciliwung sebagai penyangga kehidupan warga Kota Depok," kata Letkol Inf Santosa di sela-sela kegiatan Selasa Bersih, hari ini.

TNI, kata Dandim, siap melaksanakan perintah mempertahankan wilayah dan warga dari segala pencemaran limbah, sampah, dari industri, warung, toko dan lainnya.

Sementara Kolonel Agus S, staf Kodam Jaya selaku pengawas Ciliwung wilayah Kota Depok dalam acara karya bakti TNI di bantaran Ciliwung Pondok Cina, Beji, Depok mengatakan, bersih-bersih Ciliwung bertujuan agar image warga Depok yang mengira bahwa Ciliwung adalah tempat pembuangan limbah, sampah, kotor dan menyeramkan diubah menjadi Ciliwung yang bersih, nyaman.

"Ciliwung Objek wisata yang menyenangkan bagi warga Depok dan akan dibuatkan sarana jalan untuk jogging track, hiburan pemancingan ikan, wisata alam yang asri agar tidak stres," katanya.

Kegiatan ini disambut antusias berbagai lapisan komunitas Kali Ciliwung diantaranya Mapala UI, Jatam, jaringan radio, komunitas Kali Ciliwung, Jangkrik Pocin, Walhi, Pusaka Air Pancoran Depok dan beberapa petugas Bimas Polri serta Muspika Kota Depok.

Tokoh masyarakat Kemiri Muka H Agus M turut mendukung program ini. Dia meminta agar industri sumber pencemar Ciliwung dicari.

"Kita harus mencari titik-titik yang dijadikan tempat pembuangan sampah seperti di jembatan Jalan Juanda, Panus dan kali kali kecil, saya yakin bisa mengurangi pencemaran Kali Ciliwung yang selama ini terjadi dan nantinya warga akan tahu bahwa Kali Ciliwung itu perlu kita pelihara dan jadikan sebagai tempat wisata," kata H Agus. (benny/gayuh)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.