Politeknik Citra Widya Edukasi Satu-satunya di Indonesia, Lulusan Terserap 100 Persen

Mahasiswa Politeknik CWE sedang praktik.
JAKARTA, JO- Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi (CWE) adalah satu-satunya politeknik yang khusus berkiprah dalam bidang perkelapasawitan di Indonesia. Dengan dukungan fasilitas terbaik, lulusan kampus ini terserap 100 persen di dalam maupun luar negeri, bahkan sebelum lulus kuliah.

Berlokasi di Jalan Gapura No 8, Rawa Banteng,Cibuntu, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, kampus ini menjadi kampus kebanggaan Indonesia dalam pemenuhan tenaga kerja perkelapasawitan yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Dalam jumpa pers saat menerima kunjungan wartawan di kampus ini, Rabu (4/2), Direktur Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi,Stephanus Nugroho Kristono mengatakan, kampus yang memulai aktivitas perkuliahan sejak 2006 ini lahir dari semakin mendesaknya kebutuhan akan pemenuhan sumber daya manusia (SDM) kelapa sawit yang terampil dan siap pakai saat ini maupun di masa mendatang.

Hadir dalam jumpa pers juga yaituDirektur Utama Widya Corporation yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Organisasi Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI),Tjokro Putro Wibowo; Bendahara Yayasan Citra Widya Edukasi, AlfredRusli; para dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa.

Belajar di kelas

Nugroho menggambarkan, kebutuhan SDM untuk regenerasi tenaga kerja berusia lanjut serta kebutuhan tenaga kerja untuk pengembangan lahan baru, setidaknya dibutuhkan antara 4.850 hingga 6.420 orang setiap tahunnya.

Ribuan tenaga kerja itu akan mengisi posisi general manager, manajer kebun, manajer pabrik, asisten kepala, kepala tata usaha, asisten kebun, asisten pabrik, asisten traksi, pengukuran, dan alat berat; asisten hama dan penyakit, serta mandor kebun hingga krani.

Praktikum komputer
“Kebutuhan SDM terkait regenerasi tenaga kerjaperkebunan kelapa sawit dan peremajaan atau replanting kebun sawit cukup besar, belum lagi untuk pengembangan lahan baru. Pertanyaannya: bagaimana memenuhi kebutuhan ini?. Inilah yang mendorong lahirnya Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi,” kata Nugroho.

Cek Hotel di Jakarta, Bandingkan Tarifnya | Cek Hotel di Parapat, Danau Toba, Bandingkan Harga dan Baca Ulasannya | Cek Hotel di Bandung, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Cek Hotel di Surabaya, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Didirikan berdasarkan SK Mendiknas RI No. 156/D/O/2006 tanggal 3 Agustus 2006, Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi memiliki tiga program studi yakniBudidaya Perkebunan Kelapa Sawit, Teknologi Pengolahan Kelapa Sawit,dan Manajemen Logistik.

Dikatakan Nugroho, sejak lulusan pertama tahun 2009, lulusan politeknik ini 100 persen terserap di berbagai perusahaan dalam dan luar negeri, bahkan sebelum lulus dari bangku kuliah. “Kami sudah meluluskan enam angkatan. Semuanya terserap di lapangan kerja,” katanya.

Praktik listrik
Politeknik CWE juga menerapkan model beasiswa dan sponsorship. Beasiswa terdiri dariBeasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (Beasiswa- PPA) dan Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BBP-PPA)dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Sementara sponsorship dari perusahaan adalah dalam bentuk ikatan dinas perusahaan. “Untuk sponsorship, nantinya mereka akan bekerja dalam jangka waktu tertentudi perusahaan yang menjadi sponsor,” sambung Nugroho.

Sementara itu, Tjokro Putro Wibowo dari GAPKI mengatakan sangat mendukung eksistensi politeknik ini, karena terbukti lulusannya sangat dibutuhkan oleh perusahaan perkebunan kelapa sawit.

"Kami sudah menyerap lulusan politeknik ini dan sangat memuaskan," katanya. (jo-2)



Mengunjungi London? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Wisata ke New York? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Jalan-jalan ke Las Vegas? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.