DKI Ingin Fokus Pengendalian Banjir di Bagian Hulu

Basuki T Purnama
JAKARTA, JO- Pemprov DKI Jakarta akan memfokuskan diri pada upaya penanggulangan banjir Jakarta dengan membenahi bagian hulu.

Hal ini karena selama ini kawasan hulu belum tersentuh konsep penanganan banjir . DKI hanya fokus pada pembangunan tanggul, penahan banjir rob dan reklamasi pantai.

"Padahal salah satu penyebab banjir juga berada di hulu," kata. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Andi Baso Mappapoleonro di Jakarta, Selasa (2/9).

Dalam kaitan itu, DKI memilih untuk memprioritaskan pembangunan Waduk Ciawi yang berada di kawasan hulu, dan kendala yang dihadapi saat ini adalah masalah lahan yang belum juga tuntas.

Pembebasan lahan waduk dilakukan oleh Pemprov DKI yang menganggarkan Rp 1,2 triliun, sementara pembuatan waduknya diambil dari APBN pos Kementerian Pekerjaan Umum sebesar Rp 1,9 triliun.

Terkait mega proyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) atau lebih dikenal dengan Giant Sea Wall, Andi menyebut proyek ini akan ditinjau ulang.

Hal itu dilakukan menyusul rencana untuk memfokuskan diri para pembenahan di wilayah hulu yakni daerah Bogor, Jawa Barat, dan Tangerang, Banten. (Jo-3)

Mengunjungi London? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Wisata ke New York? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Jalan-jalan ke Las Vegas? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.